RSJ Banda Aceh Akan Bangun Klinik Autis

0
76
ilustrasi anak autis

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh berencana membangun klinik autis (autisme center) di lingkungan rumah sakit tersebut, klinik tersebut diperkirakan akan beroperasi pada tahun 2011 mendatang. Hal tersebut disampaikan Direktur RSJ Aceh, Saifuddin AR, di Banda Aceh.

Menurutnya, pembangunan klinik itu dimaksudkan untuk menangani permasalahan yang dihadapi oleh lebih dari 57 anak – anak usia 1 hingga 12 tahun di Aceh, yang terdiagnosa autis (spektrum autisme). 

“Segala persiapan untuk mendukung program kesehatan tersebut telah kita upayakan semaksimal mungkin, supaya dapat diterapkan secepatnya di Aceh” ujarnya.

Saifuddin menambahkan kesepakatan telah terjalin antara Direktur RSJ dengan dr Melly Budhiman SpKJ dengan rencana pendirian autisme center itu. Dr Melly ditunjuk sebagai supervisornya.

Pihaknya telah menyiapkan sebuah gedung khusus yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai guna mendukung terjalannya program kesehatan itu, termasuk dokter dan alat bantu bicara bagi penderita autis.

Dijelaskan, autis adalah kondisi yang terjadi sejak lahir atau saat balita yang membuat seorang anak sulit menjalin hubungan sosial dan berkomunikasi dengan normal. Dengan adanya klinik itu diharapkan dapat membantu orang tua untuk mendapatkan pelayananan, konsultasi dan pemeriksaan lengkap terhadap anak  Autistic Spectrum Disorder (ASD) yang meliputi pemeriksaan darah, rambut dan faces. (im)


 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.