Gempa Kuat Goyang Aceh

Salman Iqbal – Antero 
 
Gempa kuat kembali melanda Aceh rabu pagi, menurut catatan United States Geological Survey (USGS) gempa tersebut berkekuatan  7,7 SR. Sebelumnya dilaporkan USGS sempat mencatat kekuatan gempa mancapai  7,8 SR sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mata Ie, Aceh Besar,  mencatat   gempa berkekuatan 7,2 skala Richter.
 
Gempa yang terjadi menjelang pelaksanaan shalat subuh tersebut dirasakan hampir diseluruh Aceh bahkan hingga ke Sumatera Utara,  namun goncangan kuat dirasakan oleh masyarakat Sinabang kabupaten Simeulu. Salah seorang warga Tepah Barat kabupaten Simeulu,  Jali Wardah mengaku sangat terkejut dengan gempat tersebut, menurutnya goncangan Gempa kali ini terbesar dirasakannya setelah gempa yang melanda aceh pada 26 Desember 2004 lalu. “perasaannya panik dan ada sedikit ketakutan karena masih ada trauma tsunami yang lalu”, lanjut jali.
 
Sementara itu salah seorang warga Tepah Barat  lainnya, Mukhsin mengatakan pasca gempa sejumlah warga berlarian ketempat-tempat yang tinggi karena gempa kuat tersebut dikhawatirkan menimbulkan tsunami.
 
Menurut BMKG, pusat gempa berada pada 2,30 derajat Lintang Utara dan 96,87 derajat Bujur Timur atau sekitar 75 kilometer di tenggara Kota Sinabang, Kabupaten Simeuleu. Kedalaman gempa sekitar 34 kilometer di bawah permukaan laut.
 
Kepala BMKG Mata Ie Aceh Besar mengatakan, selama tahun 2010 di Aceh telah terjadi gempa sekitar 5 kali, dan gempa rabu pagi merupakan gempa terkuat, ”di Aceh selama tahun 2010 ada sekitar 5 kali gempa tektonik yang terjadi, yang berkekuatan antara 5 sampai 6 SR, tetapi tidak begitu kuat seperti hari ini, sampai ke Sumatera Utara yang berpusat di Aceh” lanjut Sahnan.
 
http://radioantero.net/savedeposit/audio/april 10/07042010_SALMAN_GEMPA KUAT LANDA ACEH.MP3
 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads