SO-KAB Tuntut Kejelasan Beasiswa Rp 2,8 M

Rizal Fikri – Antero 

Puluhan mahasiswa asal Aceh Utara yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar Selasa (6/4) siang berunjukrasa ke Kantor Gubernur Aceh. Mereka mempertanyakan kejelasan beasiswa sebesar Rp 2,8 Milyar kepada pejabat Pemkab Aceh Utara yang saat itu tengah mengikuti Rapat Kordinasi Pimpinan Daerah (Rakopimda) di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Aceh. Mahasiswa juga mendesak Polda Aceh segera menuntaskan kasus ini.

Muhammad Fazil, Kordinator Aksi Solidaritas Mahasiswa Korban Beasiswa Pemkab Aceh Utara (SO-KAB) menduga ada upaya pembohongan public yang dilakukan Pemkab setempat karena ketika pihak mahasiswa ingin menemui langsung Bupati Aceh Utara, tapi tidak pernah bisa ditemui. “Segala upaya akan kami lakukan agar hak-hak kami atas beasiswa pendidikan mejadi jelas”tutur Fadhil.

Sementara itu Bupati Aceh Utara, Ilyas A. hamid didampingi asisten I setdakab Aceh Utara T. Mustafa yang menemui massa untuk bermusyawarah kembali menjajikan bahwa beasiswa kepada 1.800 mahasiswa asal Aceh Utara paling lambat akan dikucurkan akhir bulan mei 2010 ini, sesuai dengan pencairan dana APBA 2010.
“Kita harus menyiapkan semua prosedur dan melengkapi berkas-berkas,agar maksimal semuanya, sehingga paling lambat akan dicairkan akhir bulan mei ini, tapi bisa jadi lebih cepat” kata T. Mustafa.

Sebelumnya Pemkab Aceh Utara, pada 2009 lalu telah menjanjikan memberi beasiswa kepada mahasiswa asal daerah setempat. Ribuan mahasiswa kemudian mengajukan permohonan. Pada Desember 2009 calon penerima yang lulus seleksi diminta menandatangani surat pernyataan. Tapi hingga 30 Desember beasiswa belum keluar. Saat itu Bupati Ilyas Pase mengumumkan lewat media bahwa beasiswa akan cair dalam dua hari ini (saat itu), mahasiswa diminta bersabar. Tapi hingga sekarang sudah bulan empat (April 2010) belum juga cair.

Sebelumnya, mereka juga pernah mempertanyakan hal ini ke DPRK Aceh Utara, medio Januari lalu, tapi hasilnya nihil selanjutnya Ikatan Pemuda Aceh Utara (IPAU juga telah melaporkan Pemkab Aceh Utara ke Polda Aceh, 17 Maret silam, dengan tuduhan penipuan, namun kini masih dalam penyelidikan.

http://radioantero.net/savedeposit/audio/april 10/06042010_fikri_Mahasiswa Aceh Utara demo.MP3


 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads