BKSDA Temukan Ada Empat Harimau yang Main Dekat Perkampungan di Nagan Raya

Harimau Sumatera

Harimau yang menghadang pengemudi damtruk di Nagan Raya, Aceh, ternyata bukan dua ekor. Setelah tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh turun tangan, satwa tersebut diketahui berjumlah empat ekor dan bermain dekat perkampungan.

“Jarak lokasi harimau muncul ke desa itu sekitar enam kilometer. Informasi dari yang memvideokan harimau tersebut tampak jelas empat ekor ukurannya tidak sama,” kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo saat dimintai konfirmasi, Senin (24/9/2018).

Petugas BKSDA juga sudah mengecek ke lokasi pada Sabtu 22 September lalu. Di sana, tim menyusuri lokasi harimau muncul dari pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Ketika ditelusuri, tidak ditemukan jejak keberadaan satwa langka tersebut. Di sana, juga tidak ada jerat yang dipasang masyarakat.

“Kesimpulan dari petugas bahwa harimau tersebut melintas dan kebetulan bertemu dengan warga yang bawa mobil damtruk,” jelas Sapto.

Berdasarkan pengakuan kepala desa setempat, harimau tersebut sudah beberapa kali muncul di desa mereka. Petugas BKSDA selanjutnya menggelar doa yang dipimpin pawang Carwani. Tujuannya, untuk penghalauan agar harimau tersebut menjauh dari permukiman dan tidak menggangu masyarakat.

“Sejauh ini tidak ada informasi konflik di areal tersebut, seperti di makan ternak dan lain sebagainya,” ungkap Sapto.

Seperti diketahui, harimau sumatera tiba-tiba muncul di depan sebuah truk di Nagan Raya, Aceh pada Kamis (20/9) lalu. Satwa dilindungi ini bermain, berjalan dan menghadang truk. Dua pria di dalam mobil menunduk dan ketakutan.

Truk yang ditumpangi dua pria saat itu tengah melintas di jalanan berbatu di tengah hutan. Dalam perjalanan, tiba-tiba keluar dua ekor harimau dari semak-semak hutan. Video yang memperlihatkan keberadaan ini kemudian diunggah ke media sosial dan menjadi viral. Detik