Abu Doto Di Sambut Tiga Ribu Pendukung di Abdya

Calon Gubernur Aceh periode 2017-2022, Zaini Abdullah mengukuhkan Pengurus Tim Pemenangan Pasangan Zaini Abdullah dan Nasaruddin (AZAN) tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten Aceh Barat Daya, di Rumah Pemenangan AZAN Abdya, Gampong Pante Perak, Kecamatan Susoh, Senin (21/11/2016) malam.

Sebelum mengukuhkan para tim pemenangan, Zaini Abdullah mengucapkan rasa terima kasih atas kado yang diberikan masyarakat Aceh Barat Daya kepadanya, yaitu sejumlah 10 ribu KTP dari penduduk setempat yang diberikan untuk ikut membantu Zaini Abdullah dalam memenuhi syarat sekaligus tiket untuk bertanding pada Pilkada 2017 mendatang melalui jalur perseorangan.

Kemudian, setelah mengukuhkan Tim Pemenangan AZAN Aceh Barat Daya, Abu Doto–sapaan Zaini Abdullah, mengharapkan mudah-mudahan pasangan AZAN dapat memperoleh suara kemenangan sama seperti pada Pilkada 2012 lalu, yang mana pada masa itu Abu Doto menjadi Gubernur Aceh juga berkat suara dari masyarakat Aceh Barat Daya yang mencapai angka 75 persen memilih Zaini Abdullah. “Mudah-mudahan ini akan terulang lagi pada pilkada ini. AZAN akan mendapatkan suara 75 persen, Inshaallah,” kata Abu Doto.

Dalam acara pengukuhan Tim Pemenangan AZAN, massa yang hadir berjumlah 3 ribu itu juga ikut dimeriahkan oleh tarian rapa’I geleng dari remaja SMP dan SMA setempat. Tarian rapa’I geleng tersebut memang berasal dari negeri dengan julukan breuh padee sigupai tersebut dan sangat terkenal dengan gerakannya yang cepat dan sama rata-rata. Abu Doto berkomentar, saat penampilan tadi rapa’I tadi itu sangat rapi, tidak ada benturan kepala dari para pemain, padahal dalam gerakan yang sangat cepat.

Rapa’i geleng ini menjadi akan asset kita. Kita akan mempromosikan rapa’i geleng ini tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi juga pada tingkat internasional. Dunia memang sudah mengenal Aceh dengan keseniannya, salah satunya tarian Saman milik Aceh yang sudah diakui dunia, dan menjadi asset dunia internasional. “Rapa’i geleng ini inshaallah akan kita jadikan asset internasional,” ujar Abu Doto.

Informasi yang dihimpun, sebelum bertolak ke pusat kota Aceh Barat Daya, Abu Doto menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan ulama karismatik daerah setempat yaitu Abu Zaini di Gampong Alue Pisang, Kecamatan Kuala Batee (nama hampir sama dengan Abu Doto). Bahkan anak kandung Abu Zaini–Tgk  Azhari ikut orasi pada malam itu, yang mengungkapkan masyarakat Aceh Barat Daya untuk memilih Abu Zaini Abdullah, karena Abu Doto adalah orang yang memperjuangkan Aceh, yang mendamaikan Aceh, yang sudah membangun Aceh.

Alasan Warga Memilih Abu Zaini

Salah satu warga dari Gampong Alue Padee, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten setempat, Marniati mengatakan Zaini Abdullah merupakan sosok yang sangat mengutamakan pendidikan, karena hal ini menjadi salah satu alasannya untuk tetap memilih Zaini Abdullah dan Nasaruddin yang bernomor urut 4 pada pilkada nanti.

Saya memilih AZAN memang selama ini saya melihat sudah terbukti. Selama ini saya melihat Pak Zaini sangat mengutamakan dunia pendidikan di Aceh. Karena itu sehingga membuat anak saya bisa melanjutkan sekolah mengejar gelar Strata Dua (S2) yang mendapatkan beasiswa ke Taiwan. Kalau tidak ada beasiswa ini pasti saya tidak bisa menyekolahkan anak saya seperti ini. Dan harapan saya Pak Zaini terpilih kembali untuk melanjutkan program pendidikan yang lebih baik di Aceh.