MS Pacific Eden Kembali Singgahi Sabang

Kapal wisata mewah (cruise) MS. Pacific Eden berbendera Inggris, Kamis (18/8) kemarin kembali berlabuh dipelabuhan Sabang tepatnya di Deramaga Container Terminal (CT) 3 yang berada di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang.

Kapal yang dinahkodai oleh Cristopher James Norman, tiba di Sabang setelah menempuh pelayaran dari Phuket, Thailand.

Kapal yang sebelumnya pernah singgah di Sabang tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2016 itu, saat tiba di Sabang disambut oleh Kepala BPKS, Fauzi Husen bersama Deputi Umum, Chandra Hasan serta para unsur Direktur dilingkungan Badan Pengusaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang.

Kepala BPKS, Fauzi Husen mengatakan, kapal ini kembali lagi ke Sabang karena daerah ini memiliki kesan tersendiri bagi para penumpang dan Nahkoda Kapal.

Kedepan harapan BPKS dengan semakin tertariknya operator cruise singgah ke Sabang, akan mendongkrak ekonomi rakyat. Karena kunjungan cruise ini berdampak langsung, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah, mengatakan kapal tersebut memiliki panjang 220 meter dengan bobot 55.877 GT (Gross Tonage).

” Ini merupakan kali kedua kapal ini singga ke Kota Sabang. Sebelumnya pada tanggal 4 Agustus kemarin, dan kali ini mereka mengangkut sebanyak 1960 wisatawan yang terdiri dari 1341 penumpang dan 619 crew,” sebutnya sembari menambahkan selanjutnya kapal akan bertolak ke Singapura.

Menurutnya, dengan kunjungan Pacific Eden kali ini, tercatat bahwa kunjungan wisatawan cruise ini hampir menembus angka 8000 orang.

” Kita optimis bahwa Sabang bakal menjadi “magnet” kapal-kapal cruise dunia. Karena volume kunjungan cruise ke Sabang, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara signifikan. Misalnya saja, sepanjang 2016, setidaknya ada 7 cruise yang singgah ke Sabang,” jelas Zulkarnaini.

Dengan melihat rentetan kunjungan cruise ke kota sabang ini, dirinya berharap kota Sabang dapat menjadi primadona bagi cruise dunia.