Harga Gabah Aceh Turun

Selama bulan April 2013 Harga gabah pada semua kelompok kualitas gabah ditingkat petani dan penggilingan mengalami penurunan harga, bila dibandingkan dengan harga gabah pada bulan Maret 2013.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Hermanto mengatakan harga Gabah Kering Panen (GKP) ditingkat petani pada April 2013 turun sebesar 6,23 persen dan harga Gabah Kering Giling (GKG) turun sebesar 7,26 persen, sedangkan ditingkat penggilingan harga Gabah Kering Panen (GKP) turun 4,93 persen dan Gabah Kering Giling (GKG) turun 7,12 persen.

“tapi harga di Aceh yang masih diatas 4 ribu masih lumayan tinggi bila dibandingkan dengan harga ketetapan pemerintah”lanjutnya.

Hermanto menambahkan pemantauan harga gabah provinsi Aceh dilakukan di kabupaten Aceh Tenggara, Pidie,Bireun, Aceh Utara, Nagan Raya dan Pidie Jaya.

Sementara itu terkait dengan Nilai Tukar Petani (NTP) Aceh pada April lalu, BPS Aceh juga mencatat,  NTP  Aceh kembali turun 0,10 persen bila dibandingkan dengan NTP Aceh bulan Maret tahun 2013 lalu.

Hermanto mengatakan penurunan NTP Aceh disebabkan oleh turunnya empat subsektor. Masing-masing subsektor tanaman perkebunan rakyat, subsektor tanaman pangan, subsektor perikanan dan subsektor peternakan, hanya subsektor hortikultura yang mengalami peningkatan NTP.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads