UN Tidak Lagi Menjadi Syarat Kelulusan

Dinas Pendidikan kota Banda Aceh menyatakan sudah siap untuk melaksanakan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA tahun 2015 yang direncanakan berlangsung pada 13-15 April 2015 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh Syaridin menyebutkan Ujian Nasional tahun ini tidak menjadi syarat kelulusan bagi siswa, namun menjadi syarat utama untuk masuk dan diterima di Perguruan Tinggi. Sedangkan untuk kelulusan siswa ditentukan di satuan pendidikan melalui Ujian Akhir Sekolah (UAS).

Sejauh ini diakui Syaridin, pihaknya tidak menemui kendala dalam proses belajar mengajar, menurutnya persiapan Ujian Nasional sudah dilakukan jauh-jauh hari, tidak hanya menjelang UN saja.

“Tahun ini sudah disampaikan oleh Menteri bahwa UN tidak menentukan kelulusan, tapi menentukan diterima di Perguruan Tinggi, jadi UN tetap dilakukan, sedangkan kelulusan ditentukan di satuan pendidikan,”lanjutnya.

Syaridin menambahkan peserta Ujian nasional di kota Banda Aceh mencapai 3.800 siswa yang tersebar di 30 SMA Negeri dan swasta diseluruh kota Banda Aceh. Didalamnya belum termasuk Madrasah Aliyah (MA)

Sementara itu sebelumya Menteri Pendidikan Anis Baswedan mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional untuk jenjang SMA sederajat akan dilaksanakan pada 13-15 April 2015, sedangkan untuk SMP sederajat akan dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015. Sementara untuk jenjang SD pelaksanaan sama seperti tahun lalu, dikembalikan kepada dinas pendidikan masing-masing daerah.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads