Gandeng Kepolisian, Honda Edukasi Titik Rawan Kecelakaan di Pidie Jaya

Menurut berbagai sumber data Kecelakaan yang masuk di kepolisian, pola kecelakaan depan belakang menyumbang 24% dari keseluruhan kasus kecelakaan di Tanah air.

Fakta ini menjadi suatu bahan kajian oleh seluruh pihak penggiat keselamatan berlalu lintas, termasuk PT. Astra Honda Motor yang menjadi produsen sepeda motor terbesar di Indonesia.

Atas dasar itu berbagai pengembangan metode pembelajaran terkait edukasi keselamatan pengguna jalan raya turut di formulasikan bersama sama oleh pemerintah, industri dengan melibatkan akademisi. Salah satu upaya yang gencar digalakan oleh Honda bersama kepolisian dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini yaitu dengan penempatan plank atau rambu himbauan spesifik beberapa meter sebelum titik area yang rawan terjadi kecelakaan.

Pemilihan jalan lintas di wilayah Pidie Jaya, tepatnya yang berdekatan langsung dengan pusat aktifitas masyarakat di kota Meuereudu karena melihat tingginya kecelakaan yang terjadi pada area rawan tersebut, dimana hamparan jalan lintas yang mulus membuat pengguna pengguna jalan terbiasa memacu kecepatan kenderaan dengan tinggi.

Perhitungan kalkulasi waktu tempuh pengguna jalan yang melintas baik dari kota Medan maupun kota Banda aceh di area tersebut umumnya berada di situasi yang sudah cukup lelah, penyebab konsentrasi menurun, hal ini yang membuat proses mekanisme reaksi yang dibutuhkan oleh setiap pengendara saat melihat potensi bahaya penyebab kecelakaan menjadi tidak responsip.

Ada 8 ( Delapan ) Plank himbauan terpasang di pinggir jalan pada area rawan kecelakan tersebut, dengan bentuk kata kata himbauan yang mengacu atas kebutuhan kondisi antara lain “ Hati Hati Jalan menikung” serta “Hati Hati persimpangan padat” Ujar Reza Novendri selaku Safety Riding Instruktur dari Capella Honda Aceh, selain itu turut disematkan kata kata sebagai tindakan yang dapat dilakukan pengendara atas antisipasi kondisi rawan tersebut.

Selain itu turut juga dilakukan sosialisasi langsung ke masyarakat pada hari kamis di tanggal 10 Oktober 2024, dalam hal ini pengguna jalan yang melintas serta berhenti di persimpangan dibagikan buku saku tips keselamatan berlalu lintas serta souvenir menarik dari Honda.

“Bahkan kita juga memberikan Helm Ekslusif Honda kepada beberapa pengendara yang terpilih “ Ucap Aipda Mahyudin SH, MSi yang bertugas sebagai Kanit Kamsel Satlantas Polres Pidie Jaya.

Semoga dengan terlaksananya program ini secara nasional , dapat mengurangi angka serta fatalitas yang menajdi dampak saat terjadinya kecelakaan di jalan raya. #Cari_aman saat naik motor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads