UIN Ar-Raniry Kirim 206 Mahasiswa KPM di Aceh Besar

Sebanyak 206 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Mereka akan ditempatkan di 12 gampong yang tersebar di kecamatan tersebut selama 45 hari, mulai 30 Juli hingga 12 September 2024.

Serah terima mahasiswa tersebut dilaksanakan di Lapangan Kantor Camat Krueng Barona Jaya, kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, yang diwakili oleh Camat Krueng Barona Jaya, Sayusi, SE, Kamis (31/7/2024).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, MAg, berpesan kepada mahasiswa peserta KPM agar melaksanakan pengabdian dengan profesionalisme yang tinggi, mengedepankan akhlak al-karimah, serta menghormati kearifan lokal yang ada di lokasi pengabdian.

“Pengabdian ini bukan hanya sekadar tugas akademik, tetapi juga kesempatan untuk mengimplementasikan nilai-nilai Islam dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” ujar Prof Mujiburrahman.

Dr Jasafat MA Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry, dalam acara serah terima mahasiswa peserta KPM kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menekankan pentingnya kontribusi positif dari mahasiswa peserta KPM. “Mahasiswa harus menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat, bukan menambah masalah,” ujarnya.

Camat Krueng Barona Jaya, Sayusi SE dalam sambutannya, memberikan apresiasi tinggi kepada UIN Ar-Raniry Banda Aceh atas pengiriman mahasiswa KPM ke kecamatannya. Ia berharap mahasiswa dapat membantu perangkat desa dalam menyukseskan program-program pembangunan di desa masing-masing.

“Saya berharap para keuchik di setiap gampong dapat mendukung penuh para mahasiswa KPM dalam melaksanakan tugas pengabdian mereka,” tambah Sayusi.

Dr Sri Suyanta MAg Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry, menyampaikan bahwa program KPM kali ini diikuti oleh 206 mahasiswa yang akan mengabdi di 12 gampong di Kecamatan Krueng Barona Jaya. “Masa pengabdian berlangsung selama 45 hari, dari 30 Juli hingga 12 September 2024,” jelasnya.

Suyanta berharap kehadiran mahasiswa KPM ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Krueng Barona Jaya, serta memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam berinteraksi dan mengabdi kepada masyarakat. [ ]

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads