Tol Pertama di Aceh Telan Biaya Rp 12 Triliun

0
214
kompas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pembangunan (groundbreaking) Tol Sigli-Banda Aceh Jumat besok (14/12/2018). Pembangunan tol pertama di Aceh ini akan menghabiskan dana triliunan rupiah.

Berdasarkan catatan detikFinance, pembangunan tol akan dilakukan PT Hutama Karya (Persero). Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Sigli-Banda Aceh diteken pada 20 Juli 2018.

Tol Sigli-Banda Aceh akan membentang sepanjang 74 km. Tol tersebut merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan, Tol Sigli-Banda Aceh terdiri dari 6 seksi.

“Jadi ruas tol Sigli-Banda Aceh ini nantinya akan terdiri atas seksi Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13 km, seksi Blang Bintang-Kutobaro sepanjang 8 km, Seksi Kutobaro-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km, Seksi Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 26 km, Seksi Seulimeum-Jantho sepanjang 6 km, dan terakhir seksi Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km,” terang Bintang dalam keterangan tertulisnya (23/7/2018).

Nilai investasi pembangunan tol lebih dari Rp 12 triliun. Adapun investasi ini 85% berasal dari ekuitas dan 15% dari pinjaman. Tol ini ditargetkan rampung pada 2022.

“Dengan ditandatanganinya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ini, kami berharap dapat mempercepat proses pembangunan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang ditargetkan selesai pada tahun 2022 dengan asumsi pembebasan lahan dapat selesai seluruhnya paling lambat pada Maret 2020,” ujar Bintang. detik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.