2.233 Peserta Ikuti Tes SSE UM-PTKIN di UIN Ar-Raniry

0
12

Sebanyak 2.233 peserta mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2024 menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, dengan 2 peserta di antaranya berkebutuhan khusus.

Ujian berlangsung selama empat hari, dari 24 hingga 27 Juni 2024 di lima lokasi ujian, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (FST), UPT PTIPD, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), dan Lab Multifungsi.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg, menyatakan bahwa melalui jalur UM-PTKIN 2024, UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan daya tampung sebesar 1.992 mahasiswa untuk 29 program studi yang ditawarkan.

“Secara nasional, tercatat ada 3.403 pendaftar yang memilih UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan 2.233 peserta mengikuti ujian di panlok UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” ujar Mujiburrahman saat kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) UM-PTKIN, Senin (24/6/2024).

Dari jumlah tersebut, 2.744 orang memilih program studi di UIN Ar-Raniry sebagai pilihan pertama, 2.739 orang sebagai pilihan kedua, dan 2.520 orang sebagai pilihan ketiga.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf, MA, menambahkan bahwa setelah jalur UM-PTKIN, UIN Ar-Raniry Banda Aceh masih membuka jalur terakhir yaitu Jalur Mandiri atau PMB Lokal.

Melalui jalur tersebut, terdapat tiga pilihan. Pertama, seleksi mandiri PMB Lokal berdasarkan tes berbasis komputer di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kedua, seleksi mandiri portofolio dengan memanfaatkan nilai UTBK SNBT atau SSE UM-PTKIN tahun 2024. Ketiga, seleksi mandiri prestasi berdasarkan prestasi akademik dan/atau non-akademik serta prestasi dayah seperti kemampuan membaca dan menelaah kitab.

Ketua Admisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Muammar Yulian, menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya dengan total 10 ruang ujian yang disiapkan, masing-masing menampung maksimal 20 peserta.

“Untuk 2 orang peserta difabel, kami telah menyiapkan fasilitas ujian dan petugas khusus,” tambah Muammar.

Muammar menambahkan, bahwa lima program studi dengan peminat tertinggi pada SSE UM-PTKIN 2024 adalah Ekonomi Syariah (1005 peminat), Manajemen Bisnis Syariah (762 peminat), Perbankan Syariah (651 peminat), Bimbingan dan Konseling Islam (596 peminat), dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (584 peminat).

Untuk diketahui, tahun ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan kuota sebesar 7.175 orang untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui lima jalur, yaitu SNBP, UTBK-SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri atau PMB Lokal.

Rinciannya, 40% kuota untuk jalur SNBP dan SPAN-PTKIN, 40% untuk SNBT dan UM-PTKIN, serta 20% untuk jalur Seleksi Mandiri. [ ]