BKM Babul Maghfirah Launching Kegiatan Beut Seumeubeut

Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Babul Maghfirah Gampong Tanjong Seulamat melaunching kegiatan Beut Seumeubeut di Masjid Jamik Babul Maghfirah, Kamis (14/03/2024).

‘Beut Seumeubeut’ merupakan kegiatan unggulan program pendidikan Al-Qur’an BKM Babul Maghfirah, Remaja Masjid, dan Pemuda Tanjong Seulamat dalam rangka meningkatkan literasi Al-Qur’an bagi anak-anak, remaja dan kalangan pemuda.

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda untuk lebih mencintai Al-Qur’an dan dapat membentuk karakter generasi Qurani di masa depan.

Launching Beut Seumeubeut dilakukan oleh Ketua Pembina BKM yang juga menjabat Ketua DPP Pemuda Islam Tgk H Musannif diikuti oleh puluhan peserta dan disaksikan Imam Besar Masjid Jamik Babul Maghfirah, Ketua BKM Babul Maghfirah, Ketua Pemuda, Remaja Masjid serta tokoh-tokoh masyarakat setempat

Dalam sambutannya, Tgk H Musannif mengatakan bahwa generasi harus kita disiapkan. Kita tahu bahwa tantangan di masa depan tentunya lebih berat. Sebab itu kita harus menyiapkan anak-anak kita, generasi kita agar mereka siap menghadapi tantangan tersebut.

“Saya memberikan apresiasi kepada Pemuda Tanjong Seulamat, Remaja Masjid dan BKM Babul Maghfirah yang melaksanakan acara yang sangat bermanfaat ini,” ucap Musannif dengan bangga.

Lebih lanjut dia mengatakan, hidup harus punya tujuan. Dan tujuan yang paling utama adalah meraih ridha Allah. Artinya tujuan hidup harus sejalan dengan apa yang dikehendaki oleh Allah. Itulah sebabnya kita wajib menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup agar mudah memperoleh ridha Nya.

Maka kegiatan Beut Seumeubeut ini sangat sesuai dengan jalan mencapai tujuan hidup, sekaligus menyiapkan generasi yang memahami Al-Qur’an.

Selain itu, “generasi Alquran juga harus disiapkan dari sekarang. Sehingga nanti saat besar mereka mampu melampaui kita. Anak-anak harus diisi dengan Alquran,” tutur Musannif dengan raut penuh harapan.

Sementara Ketua BKM Babul Maghfirah Wirzaini Usman, S.Hi.,M.I.Kom dalam kesempatan yang sama menjelaskan bagaimana kemudian kegiatan Beut Seumeubeut menjadi kegiatan unggulan pada ramadhan tahun ini.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BKM, Remaja Masjid Babul Maghfirah dan Pemuda Tanjong Seulamat, serta didukung penuh oleh perangkat gampong, dan tokoh-tokoh masyarakat terutama Imam Besar Masjid.

“Kegiatan ini adalah lanjutan dari program-program lainnya yang telah dilaksanakan oleh BKM Babul Maghfirah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM generasi Qurani di tingkat gampong yang menyasar generasi muda,” ujar Wirzaini.

“Sebagai kilas balik, BKM Babul Maghfirah dalam beberapa tahun terakhir telah berhasil melaksanakan kegiatan Tahfidzul Quran dalam program Tahfidz Quran Non Karantina yang melahirkan anak-anak penghafal Quran dalam waktu 20 hari, dan itu kita laksanakan pada setiap bulan Ramadhan,” tambahnya.

Mewakili Perangkat Gampong, Wakil Ketua Tuha Peut Gampong (TPG), Tgk Jamaluddin juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia. “Jarang-jarang ada kegiatan seperti ini. Makanya harus kita dukung penuh,” tandasnya.

Ustadz Hijaz Khalilullah yang didapuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Beut Seumeubeut dalam laporannya menyebut kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta yang mendaftar. Mereka terdiri dari anak-anak, dan usia remaja setingkat TK-SD-SMP.

“Adapun tujuan kegiatan yaitu memberikan pendidikan Al-Qur’an bagi peserta dengan materi tajwid dasar, tahsin, tilawah, mengaji Alquran, dan ada juga materi tambahan yaitu beut kitab jawo, meureuno rukon, dan muhadharah” tukas Hijaz.

Ia menambahkan, “kegiatan Beut Seumeubeut direncanakan akan berlangsung selama ±2 pekan yakni hingga tanggal 30 Maret 2024, dengan alokasi waktu selama 2 jam setiap harinya. Kegiatan belajar berlangsung pada pagi hari,”

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu terlaksananya kegiatan Beut Seumeubeut. Dengan harapan apa yang dicita-citakan dapat tercapai dengan baik,” demikian Hijaz Khalilullah.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads