Tips Penggunaan Engine Brake yang Aman Saat Naik Sepeda Motor

0
46

Engine brake adalah cara yang digunakan untuk memperlambat kecepatan kendaraan bermotor dengan menggunakan tenaga mesin.

Menurut Novara Dita selaku Safety Riding Instructor dari Capella Honda Aceh , Memperlambat kecepatan dengan teknik engine brake dapat meringankan beban kerja rem, Namun Engine brake umumnya digunakan pada sepeda motor dengan sistem transmisi manual,” ujar Instruktur wanita Honda yang pernah beberapa kali menjuarai kontes Instruktur Safety Riding di tingkat nasional tersebut.

Masih menurut Nova, selain itu beban kerja rem menjadi lebih ringan karena kita tidak perlu mengoperasikan rem secara terus menerus terutama ketika berkendara di jalan menurun.

Penggunaan rem secara terus menerus ketika berkendara di jalan menurun akan berpotensi menyebabkan masalah pada sistem pengereman seperti panas berlebih yang dapat menurunkan daya cengkaram kampas rem dan efek negatif lainnya

Engine brake sebaiknya hanya digunakan pada kondisi tertentu saja, seperti jalan menurun atau kondisi darurat. Penggunaan engine brake yang kurang tepat dapat merusak gear transmisi, menurunkan performa kendaraan ( usia komponen ) dan berpotensi kehilangan keseimbangan saat mengoperasikan engine brake.

Nah di kesempatan ini ada beberapa tips sebagai cara melakukan pengereman engine brake yang aman saat di jalan menurun dengan mengikuti langkah langkahnya sebagai berikut :

  1. Tutup putaran gas
  2. Kurangi kecepatan kendaraan menggunakan rem
  3. Turunkan gigi perseneling secara bertahap sesuai dengan kecepatannya, misal dari gigi 4 pindah ke gigi 3 saat kecepatan dibawah 50 – 60 km/jam, kemudian pindah ke gigi 2 saat kecepatan dibawah 30 – 40 km/jam dan seterusnya.
  4. Pegang stang kemudi dengan kuat, ini dikarenakan engine brake akan menimbulkan perubahan kecepatan yang mendadak sehingga akan berpotensi mengganggu keseimbangan pengendara.
  5. Engine brake tidak menggantikan rem, tetapi dapat membantu mengurangi beban kerja rem, seperti pada jalan menurun atau kondisi darurat. Untuk mengoptimalkan penggunaan engine brake sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar sesuai urutan serta hanya digunakan pada tempat yang tepat.