Sejumlah Prodi pada FTK UIN Ar-Raniry Berpeluang Menuju Akreditasi Unggul dan Terakreditasi Internasional

0
57

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Safrul Muluk, PhD menyatakan bahwa sebagian besar Program studi di bawah fakultas yang dipimpinnya sangat berpeluang dapat meraih akreditasi unggul dan terkakreditasi internasional.

Hal itu disampaikan Prof Saful disela Rapat Kerja untuk Tahun Anggaran 2024 yang berlangsung di Aula kampus setempat, Kamis (22/6/2023). Raker tersebut secara resmi dibuka Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Ar-Raniry Dr M Iqbal, SAg MA, turut dihadiri para pimpinan fakultas dan seluruh Ketua Prodi di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry.

“Memasuki tahun 2024 mendatang, pimpinan FTK telah menyusun sejumlah strategi penting untuk mendongkrak pencapaian prestasi kinerja Prodi, antara lain melalui peningkatan kapasitas layanan akademik dan manajerial serta perbaikan sarana dan prasarana pendidikan secara serius dan berkelanjutan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Profesor Safrul menargetkan, tahun 2024 mendatang FTK UIN Ar-Raniry harus mampu meningkatkan program pengabdian masyarakat yang berbasis internasional dan kualitas penelitian yang melibatkan dosen dan mahasiswa di tingkat Prodi.

“Kita terus melakukan ini, bertujuan untuk mempromosikan sejumlah Prodi di FTK UIN Ar-Raniry dengan penguatan kerjasama internasional melalui kinerja bidang kemahasiswaan dan kerjasama di bawah komando Wadek III, Dr Mumtazul Fikri,” imbuh Dekan Safrul.

Disebutkan, di antara Prodi yang akan mengajukan reakreditasi pada tahun 2024, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Pendidikan Teknik Elektro (PTE), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Teknologi Informasi (PTI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Bimbingan Konseling (BK), dan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Semua Prodi tersebut, sangat berpeluang meraih predikat akreditasi unggul,” pungkas Safrul Muluk.

Sebelumnya, Karo AUPK UIN Ar-Raniry, Dr Iqbal dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa dalam rangka mewujudkan visi misi Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, setiap Fakultas memiliki beban dan tanggung jawab besar untuk meningkatkan pencapaian prestasi kinerja pada setiap Program Studi yang ada.

“Memasuki tahun anggaran 2024, setidaknya pimpinan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh harus mampu mendongkrak tujuh Program Studi yang akan mengajukan reakreditasi menuju predikat akreditasi unggul,” ucap Iqbal.

Predikat akreditasi unggul yang dicapai oleh setiap Program Studi, kata Karo AUPK, merupakan cita-cita setiap institusi untuk membuktikan kepada stakeholders dan masyarakat Aceh khususnya terhadap eksistensi FTK UIN Ar-Raniry dalam penyelenggaraan program pendidikan di Aceh.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FTK UIN Ar-Raniry, Prof Habiburrahim, SAg MCom PhD menyatakan, bahwa tahun 2024 merupakan era kegemilangan (golden age) bagi perkembangan sejumlah Prodi di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“FTK UIN Ar-Raniry berpeluang besar untuk berkompetisi di ajang internasional, setidaknya delapan Prodi yang sudah terakreditasi unggul mampu mencapai perolehan akreditasi internasional (Foundation for International Business Administration Accreditation), kata Pak Habib.

Ia menyebutkan, prodi yang masuk dalam list akreditasi internasional antara lain, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Biologi (PBL), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Kimia (PKM), dan Pendidikan Matematika (PMA).

Rapat kerja yang berlangsung 21-22 Juni 2023 tersebut telah menghasilkan sejumlah program kerja penting dan substansial yang akan diimplementasikan pada tahun 2024, dengan harapan akan menghasilkan karya-karya gemilang dan berpengaruh langsung terhadap percapaian kualitas dan mutu kinerja di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai PTKIN yang terkemuka di Aceh.