Farid Nyak Umar Buka Safari Al-Qur’an antar Mesjid

0
40

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar dengan resmi membuka kegiatan Safari Al-Qur’an antar masjid di Mesjid Al-Huda, Gampong Laksana, Kecamatan Kuta Alam, Senin (27/03/2023).

Kegiatan Safari Al-Qur’an antar Masjid ini diikuti oleh kaum perempuan dan dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret s.d 8 April 2023 di 13 lokasi dalam wilayah Kecamatan Kuta Alam. Acara dimulai setiap harinya pukul. 06.30-08.00 WIB dengan narasumber Ustadzah Andreana, Lc, M.Us (alumni Universitas Al-Azhar Mesir dan Universitas Malaya).

Dalam sambutannya Farid Nyak Umar menyampaikan agenda utama dari safari Al-Qur’an ini adalah untuk memperbaiki bacaan (tahsin) Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an serta kajian seputar Al-Qur’an. Tujuannya agar para peserta semakin akrab dan semakin dekat interaksinya dengan Al-Qur’an.

Tujuannya adalah bagaimana agar menginspirasi, mendorong kita untuk terus dekat dengan Al-Qur’an. Salah satu penyebab mulianya bulan Ramadhan juga karena merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an.

“Karena tidak ada acara lain kalau kita ingin mendapatkan kemuliaan, maka salah satu jalannya adalah dekat dan bersahabat bersama Al-Qur’an,” kata Farid di hadapan para jamaah.

Farid menambahkan bahwa kegiatan mempelajari Al-Qur’an merupakan aktifitas terbaik seorang muslim. Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Dan bulan ramadhan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk semakin dekat dengan Al-Qur’an.

“Kita berharap ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk mendekatkan diri dengan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan kita. Karena orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan sebaik-baik manusia,” tutur Farid

Sementara Ketua Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Mesjid Al-Huda Gampong Laksana, Tgk. Yuslimar mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua DPRK Banda Aceh tersebut, dia mengajak para jamaah untuk fokus dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut, apalagi dilaksanakan di waktu fajar di bulan Ramadan yang penuh berkah.

“Kami dari BKM Al-Huda berterima kasih kepada Ketua DPRK, Ustadz Farid Nyak Umar yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat baik ini, apalagi di bulan Ramadan dan di pagi hari yang penuh berkah,” ujar Yuslimar.

Kegiatan Safari Al-Qur’an antar Masjid tersebut dilaksanakan di 13 lokasi yang terdiri dari Masjid Al Huda Gp. Laksana (27/03), Masjid Baitul ‘Alam Gp. Kuta Alam (28/03), Masjid Baiturrahmah Gp. Keuramat (29/03), Masjid Al Badar Gp. Kota Baru (30/03), dan Masjid Al Furqan Gp. Beurawe (31/03). Selanjutnya di Meunasah Baburrahman Lr. E Gp. Beurawe (01/04), Balai Pengajian Kompleks Perikanan Gp. Lampulo (02/04), Mushalla Dusun Tanggul Gp. Kuta Alam (03/04), Masjid Al Ikhlas Gp. Keuramat (04/04), dan di Balai Pengajian Tgk. Di Leupeu Gp. Mulia (05/04). Kemudian dilaksanakan di Masjid Al-Mukarramah Gp. Mulia (06/04), Mushalla Dusun Diwai Makam Gp. Lambaro Skep (07/04), dan terakhir di Masjid Al-Fitrah Asrama TNI AD PHB Gp. Bandar Baru (08/04/23).