Kendalikan Inflasi, Pemko Banda Aceh Gelar Peukan UMKM

0
37
Pemko Banda Aceh Gelar Peukan UMKM

Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan kembali akan menggelar kegiatan Peukan UMKM pada Selasa, 29 November 2022 mendatang. Kegiatan tersebut dalam rangka upaya Pemko Banda Aceh melakukan pengendalian inflasi.

Lokasi Peukan UMKM mengambil tempat di Halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh, Jalan Soekarno Hatta, Gampong Mibo (samping RSUD Meuraxa). Pasar Murah, Bazar Produk UMKM, Talkshow Pembiayaan UMKM, dan Lomba Masak Nasi Goreng akan memeriahkan Peukan UMKM kali ini.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh M Nurdin mengatakan, untuk pasar murah pihaknya menyediakan 800 paket pangan kebutuhan pokok. Setiap paketnya terdiri dari empat komoditas utama, yaitu 10kg (1 sak) beras seharga Rp 90 ribu, 2 liter minyak goreng Rp 36 ribu, 2 kg gula Rp 23 ribu, dan 1 lempeng (30 butir) telur dengan harga Rp 41 ribu.

“Total harga beli setiap paket senilai Rp 190 ribu dan setiap paket telah disubsidi oleh Pemko Banda Aceh senilai Rp 50 ribu. Jadi masyarakat bisa belanja senilai Rp 240 ribu, tapi cukup bayar Rp 190 ribu saja,” ujar M Nurdin, Senin (28/11/2022).

Sementara itu untuk Bazar UMKM sendiri, kata Nurdin, akan diikuti oleh 15 orang pelaku UMKM yang akan mempromosikan dan menjual produk unggulannya. “Kegiatan bazar juga dirangkai dengan Talkshow Pembiayaan UMKM dengan mengahdirkan empat narasumber lembaga keuangan dari BSI, Bank Aceh Syariah, PNM dan Mahirah Muamalah.” Ujarnya.

Selain itu juga bakal ada Pameran Literasi Keuangan yang dirangkai juga dengan kegiatan Sosialisasi BDKT (barang dalam keadaan terbungkus), Pelayanan Tera/Tera Ulang Timbangan atau Perbaikan Timbangan rusak oleh UPTD Metrologi Kota Banda Aceh.

“Rencananya, Peukan UMKM 2022 akan dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan beliau sebagai salah satu strategi Pemerintah Kota Banda Aceh dalam pengendalian infalsi daerah,” ujar M Nurdin.

Pelaksanaan kegiatan tersebut kata Nurdin juga sebagai upaya yang konsisten dari Pemko Banda Aceh untuk menjaga stabilitas harga dan persedian bahan kebutuhan pokok.

Melalui Peukan UMKM diharapkan pula dapat membantu pelaku usaha untuk memperkenalkan dan menjual produk usahanya di tengah kondisi perekonomian nasional yang sulit pasca kenaikan harga BBM.

“Ayo ramai-ramai datang dan menyukseskan Peukan UMKM 2022 di halaman Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh, pada hari Selasa nanti. Kita juga akan menyediakan beragam doorprize menarik kepada pengunjung,” pungkas Nurdin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.