Pj Bupati Iswanto Serahkan Bantuan Usaha Produktif untuk Penyandang Disabilitas di Pulo Aceh

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) untuk masyarakat penyandang disabilitas di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Bantuan tersebut meliputi peralatan dan komponen bahan untuk usaha kuliner dan pertanian.

“Bantuan ini kita berikan untuk meringankan beban masyarakat disabilitas yang kurang mampu di tengah krisis dampak inflasi,” kata Iswanto, usai menyerahkan bantuan usaha di Aula DKP Gampong Lampuyang Pulo Breuh, Kecamatan Pulo Aceh, Jumat, (18/11/2022).

Selain bantuan usaha, Iswanto juga mengantarkan bantuan vaksin, disinfektan, vitamin dan obat-obatan untuk penanggulangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Pulo Aceh.

Dalam kesempatan itu, Iswanto menyatakan komitmen dan tekadnya untuk membangun dan membantu berbagai permasalahan masyarakat kepulauan di Aceh Besar itu.

Ia mengatakan, dua minggu lalu pihaknya juga berhasil memperjuangkan pemenuhan kebutuhan BBM subsidi untuk masyarakat nelayan di Pulo Aceh.

“Alhamdulillah nelayan Pulo Aceh kini sudah mudah mendapatkan BBM subsidi, selanjutnya kami juga akan memperjuangkan penambahan BBM subsidi untuk nelayan Leupeung, Lhong, dan Mesjid Raya,” kata Iswanto.

Lebih lanjut, Iswanto mengatakan, sudah memperjuangkan pembangunan tower telekomunikasi untuk masyarakat di sejumlah gampong di Pulo Aceh. Pihaknya terus berupaya agar jaringan komunikasi bisa diakses oleh seluruh masyarakat di wilayah Aceh Besar.

“Permohonon pembangunan tower telekomunikasi untuk Pulo Aceh sudah saya sampaikan ke Komisi 1 DPR RI yang membidangi langsung teknologi informasi dan komunikasi. Selain Pulo Aceh, kita juga akan perjuangkan untuk wilayah Leupeung dan Jantho,” kata Iswanto.

“Banyak hal bisa kita lakukan, meskipun kecil namun sangat bermakna bila kita syukuri, saya mengajak semua untuk bersyukur dan tentu kami tidak lari dari semua keluhan dan masalah masyarakat,” kata Iswanto.

Lebih lanjut, untuk mengembangkan pembangunan di Pulo Aceh, Iswanto juga sudah menyerahkan berbagai data kepada Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dan DPR Aceh agar Pulo Aceh dimasukkan dalam agenda prioritas dalam kerja sama Aceh-Andaman yang akan dilakukan pada Desember mendatang.

“Niat kami tetap untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Aceh Besar,” ujar Pj Bupati Iswanto.

Mewakili masyarakat, Camat Pulo Aceh Jamaluddin, menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas perhatian Pj Bupati. Ia berharap kehadiran orang nomor satu di Aceh Besar itu dapat memacu pembangunan di Pulo Aceh.

“Kami mewakili masyarakat Pulo Aceh khususnya nelayan, menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati yang telah melauncing penyaluran BBM subsidi ke nelayan Pulo Aceh sehingga masyarakat tidak mengeluh lagi, mudah-mudahan terus berlanjut dan bisa dinikmati terus oleh nelayan,”kata Jamaluddin.

Lebih lanjut, Jamaluddin juga mengharapkan Pemkab Aceh Besar bisa segera membangun tower telekomunikasi di wilayah yang belum terjangkau sinyal di Pulo Aceh.

Sementara itu, penerima bantuan usaha bidang pertanian, Siti Hajar, mengaku senang mendapatkan berbagai alat perlengkapan dan bahan untuk bercocok tanam di perkebunan. Ia senang, dengan bantuan tersebut ia dapat berhemat dan tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

“Sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pak Bupati,” kata warga Gampong Meulingge itu.

Hal yang sama juga disampaikan Nazariah, istri dari Hasbi Yahya, yang merupakan salah satu penyandang disabilitas penerima bantuan. Ia menerima bantuan alat dan bahan usaha kuliner. Menurutnya dengan adanya bantuan tersebut ia dapat memproduksi kue lebih banyak dari yang biasanya.

“Biasanya sehari bisa produksi 50 potong kue, InsyaAllah dengan bantuan ini bisa lebih banyak lagi. Saya menyampaikan terima kasih kepada pak Bupati,” kata Nazariah.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan itu anggota DPRK Aceh Besar, Abdul Muchti, Sekda Aceh Besar Sulaimi, serta para Kepala SKPK di lingkungan Pemkab Aceh Besar.

Berita Terkait

Berita Terkini