Prodi TI UIN Ar-Raniry Gelar Kuliah Umum Tentang Penyiapan Digital Talent Pool Industri Kreatif

0
21

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh gelar kuliah umum dengan tema Penyiapan Digital Talent Pool Industri Kreatif berbasis Sains dan Teknologi. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kampus setempat, Selasa (11/10/2022).

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, MAg dalam sambutannya mengatakan, UIN Ar-Raniry patut bersyukur atas kesempatan dan kesediaan para pakar bidang Teknologi Informasi dapat menyampaikan kuliah umum pada kampus ini. Kehadiran para pakar ini, kita berharap ke depan dapat dilakukan kerja sama dalam berbagai hal untuk pengembangan lembaga pendidikan ini.

“Kami berharap, berbagai ilmu yang diajarkan dalam kuliah umum ini dapat ditekuni dengan baik, sehingga para mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi umumnya, dan Program Studi Teknologi Informasi dapat menjadi ilmuan yang handal yang bisa memberi kontribusi untuk berbagai solusi dari persoalan Teknologi Informasi, ujarnya.

Rektor mengisahkan tentang proses pembentukan prodi Teknologi Informasi saat terjadi alih status dari IAIN menjadi Universitas, bahwa bahwa untuk melahirkan prodi IT ini penuh perjuangan dan kita menyadari bahwa prodi yang baru ini masih banyak kekurangan serta banyak hal yang harus ditingkatkan di masa mendatang.

Makanya, Rektor menyatakan, dalam konteks tersebut pimpinan mendatangkan para pakar untuk mengisi kekurangan yang ada pada prodi Teknologi Informasi dan Fakultas Saintek ini.

Rektor menambahkan, setelah wabah covid-19, dapat dilihat bersama dimana kondisi dunia pendidikan telah terjadi perubahan paradigma dalam konteks pembelajaran, ini terjadi sangat luar biasa, antara lain bahwa pembelajaran jarak jauh seakan sangat mudah dilakukan dan ini semuanya adalah berbasis IT.

Rektor memprediksikan, bahwa lima atau sepuluh tahun ke depan proses belajar mengajar akan diterapkan dengan pola paradigma pembelajaran modern berbasis IT. Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan tentang IT, ini akan menjadi peluang yang luar biasa di masa mendatang.

“Posisi kita sangat menentukan untuk kemajuan teknologi informasi di Negeri ini pada masa mendatang. Jadi manfaatkanlah momentum dan kesempatan ini agar pengayaan pengetahuan serta pengalaman itu terus tumbuh di kampus ini, sehingga alumni prodi Teknologi Informasi Saintek UIN Ar-Raniry setara dengan alumni kampus umum lainnya,” pungkas Rektor.

Ketua Program Studi Teknologi Informasi, Ima Dwitawati, MBA mengatakan, pada Milad ke 59 UIN Ar-Raniry Banda Aceh, prodi Teknologi Informasi Fakultas Saintek akan memasuki usia 5 tahun, prodi tersebut juga menjadi salah satu prodi dengan peminat tertinggi di UIN Ar-Raniry, sejak mulai diselenggarakan di tahun 2018 lalu.

“Fenomena tersebut menggambarkan bahwa ada harapan besar masyarakat pada prodi TI untuk menjadi bagian dalam penyelesaian masalah bangsa, khususnya dalam hal literasi digital dan berbagai inovasi lainnya pada bidang teknologi informasi,” ujarnya.

Menurutnya, pasca pandemi covid-19 terjadi disrupsi hampir di seluruh sisi hidup manusia. Hal ini telah mendorong pertumbuhan teknologi informasi, transformasi digital dan perkembangan ekonomi digital sangat besar, oleh sebab itu diharapkan mahasiswa prodi IT ini menjadi garda terdepan untuk memberikan masukan, solusi dan inovasi yang bermanfaat untuk bangsa.

Untuk mencapai hal tersebut, Ketua Prodi menyampaikan bahwa perlu dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak, serta dilakukan diskusi, seminar, kolaborasi penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai pihak. Salah satunya seperti yang dilaksanakan saat ini, yaitu kuliah umum yang disampaikan oleh Perkayasa Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof Dr Hamman Riza, IPU.

Dari kuliah umum tersebut, diharapkan para mahasiswa mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman dalam lingkup nasional yang berkenaan dengan talent pool industry 4.0 dan industri kreatif, yang nantinya membutuhkan kepakaran dari bidang teknologi informasi.

Ketua Prodi Teknologi Informasi juga menambahkan, bahwa saat ini tercatat 379 mahasiswa aktif, yang pada semester 5 mereka akan memilih bidang minat Manajemen Informasi, Security & Assurance, atau Web dan Mobile Sistem. Muara dari ketiga bidang ini harapannya mampu diterjemahkan oleh berbagai pihak, dosen dan mahasiswa di prodi TI untuk mendukung Visi dan Misi bapak Rektor UIN Ar-Raniry dimana salah satunya adalah mewujudkan UIN Ar-Raniry sebagai pusat pengkajian peradaban Islam dalam konteks digital. Serta mampu mendukung terwujudnya UIN Ar-Raniry sebagai pusat percontohan pelaksanaan Syariah Islam di Aceh,” ujarnya.

Kuliah umum tersebut diikuti oleh para mahasiswa dan dosen pada program studi Teknologi dan Informasi, serta sejumlah mahasiswa Sains dan Teknologi lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.