Peringati Milad ke 59, UIN Ar-Raniry Gelar Khanduri Raya dan Donor Darah

0
38

Dalam rangka memperingati milad ke 59 Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2022, digelar beberapa kegiatan baik dalam konteks ilmiah maupun aksi sosial lainnya. Kegiatan tersebut antara lain khanduri raya, santunan anak yatim, ceramah maulid Nabi Muhammad, kreativitas anak dan donor darah. Berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Sabtu (8/10/2022)

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, MAg dalam sambutannya mengatakan, selama bulan Oktober tahun 2022 ini akan digelar beberapa kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi atau Milad ke 59 UIN Ar-Raniry Banda Aceh, baik dalam konteks ilmiah maupun aksi sosial lainnya.

Mujiburrahman menyatakan, rangkaian kegiatan telah dilaksakan sejak awal Oktober, antara lain doa bersama kepada para pendahulu dan pendiri kampus UIN Ar-Raniry, yang berlangsung pada 5 Oktober 2022 lalu.

Ke depan kata Mujib, pimpinan akan menetapkan bahwa pada setiap 5 Oktober, UIN Ar-Raniry akan terus melaksanakan zikir dan doa bersama untuk para pendahulu. Ini akan menjadi kegiatan rutin yang masuk dalam kalender akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh di masa mendatang.

“Khanduri Raya ini, panitia telah mengundang dan mempersiapkan untuk 4.500 tamu undangan. Khanduri ini dilakukan untuk menjalin silaturrahim sesama civitas akademika, mitra kerja serta masyarakat sekitar kampus,” kata Mujib.

Rektor menambahkan, momentum khanduri raya tersebut juga dirangkai dengan beberapa kegiatan, antara lain ceramah maulid Nabi Muhammad Sallallahu’alaihi Wasallam disampaikan oleh Teungku Dr Ajidar Matsyah, santunan kepada anak yatim dari Bank Syariah Indonesia serta lomba anak mewarnai.

Sumbang 63 Kantong Darah

Dalam rangka khanduri raya milad ke 59, UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga menggelar kegiatan donor darah, berlangsung selama setengah hari di halaman Auditorirum Prof Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Sabtu (8/10/2022). Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 63 kantong darah.

Rektor Mujiburrahman mengatakan, kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan atas kerja sama antara UIN Ar-Raniry, PMI Kota Banda Aceh dan dibantu oleh unit kegiatan mahasiswa KSR-PMI UIN Ar-Raniry.

Rektor berharap dan menghimbau kepada seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry untuk senantiasa mau menyumbang dengan cara mendonorkan darahnya sebagai bentuk partisipasi untuk membantu saudara kita yang membutuhkan.

“Kegiatan donor darah ini merupakan ibadah sosial yang dapat diberikan, mari sama-sama kita mendonorkan darah demi membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, donor darah bukanlah sesuatu yang menakutkan, sebab donor darah ini sehat bagi kita pribadi dan juga amal ibadah kita dalam membantu sesama,” ujar Mujib.

Rektor menyebutkan, berdasarkan laporan panitia, pada donor darah dalam rangka milad ke 59 UIN Ar-Raniry tersebut berhasil memperoleh 63 kantong darah, ini bukan jumlah yang banyak jika dibandingkan dengan para tamu yang hadir, untuk itu Rektor berharap kesadaran masing-masing untuk mendonorkan darah demi membantu sesama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.