Rektor Lantik Wakil Dekan Di Lingkungan UIN Ar-Raniry, Ini Susunannya!

Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman melantik para wakil dekan di Lingkungan kampus tersebut, prosesi pelantikan, pengambilan sumpat jabatan dan penandatangan pakta integitas berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy Kopelma Darussalam Banda Aceh, Rabu (14/9/2022).

Rektor Mujiburrahman dalam amanatnnya menyampaikan bahwa UIN Ar-Raniry diharapkan menjadi miniatur penerapan syariat Islam di Aceh, untuk itu ia mempercayakan amanah kepemimpinan kepada jajarannya merupakan orang-orang yang tepat untuk tercapainya program tersebut.

Kepada yang baru dilantik dan diberikan amanah ini, Rektor mengingatkan untuk dilaksanakan dan diemban sebaik-baiknya, pahamilah tugas ini adalah tanggung jawab yang bukan hanya dilakukan evaluasi secara berjenjang di lingkungan universitas, namun juga senantiasa berada dalam pengawasan Allah Swt.

“Untuk itu, laksanakanlah seluruh amanah ini dengan benar dan baik serta penuh tanggung jawab. Dipundak bapak-ibu sekalian harapan lembaga ini ke depan sangat dinanti-nantikan, diharapkan kerja keras dan kerja cerdas dari para kademisi semuanya, sehingga dalam waktu yang tidak lama kita akan mencapai kemajuan dari pengembangan lembaga ini yang signifikan,” ujarnya.

Mujiburrahman menegaskan, kerja keras terutama pada aspek di lini tiga yakni kemahasiswaan dan kerja sama. Sengaja ditempatkan sejumlah posisi para wakil dekan bidang kemahasiswa dan kerja sama (wadek III) itu adalah para ustaz, hal tersebut sengaja dilakukan dengan harapan besar ke depan kampus UIN Ar-Raniry akan menjadi miniatur dari lingkungan pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

“Kenapa ini dilakukan, sebab hari ini setelah 20 tahun Syariat Islam dicanangkan di Aceh, kita belum menemukan pada sudut mana, pada kota atau kabupaten apa contoh syariat islam mau ditiru mau dilihat,” ucapnya

Mujib menyebutkan, bahwa ke depan ini menjadi tantangan kita semua, khususnya pada pejabat bidang kemahasiswaan dan kerja sama Ar-Raniry, pimpinan memiliki komitmen akan melaksanakan prosesi syariat islam di kampus Ar-Raniry secara sungguh-sunggu dan terukur. Bidang III menjadi prioritas untuk melaksanakan tugas yang amat berarti ini.

Dirincikan, prosesi tersebut dimulai dari pembinaan karakter mahasiswa, direncanakan juga nantinya akan memberdayakan semua lini di kampus ini baik dari unsur keamanan dan lembaga kemahasiswaan lainnya, kita fungsikan mereka sebagai “Wilyatul Hisbah” di Kampus Ar-Raniry ini.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa nantinya juga ada berbagai kebijakan dan aturan baru, di antaranya kita akan tertipkan pakaian, kita akan tertipkan seluruh prosesi etika akademik, etika kampus yang sesuai dengan bingkai syariat islam yang kita laksanakan di kampus ini.

“Jika ini terlaksana, mudah-mudahan orang nantinya dapat melihat secuil contoh syariat islam yang berlaku di Aceh ada di kampus UIN Ar-Raniry. Ini tantangan bersama kita di masa akan datang,” kata Mijib.

Dalam kesempatan itu, Rektor Mujib juga menyampaikan terima kasih kepada yang telah mengabdi pada periode 2018-2022, atas pengabdiannya dalam menjalankan roda lembaga UIN Ar-Raniry Banda Aceh, banyak hal yang telah dilakukan, kami hanya mampu memberikan penghargaan pengkhidmatan madya, semoga ini bermanfaat. Harapan kami walau saat ini posisi secara formal tidak lagi menjabat, kami sangat mengharapkan bantuan dan pemikiaran untuk pengembangan kampus di masa mendatang.

Berikut pajabat para wakil dekan dan kepala UPT yang dilantik;

Hasnul Arfin Melayu, MA sebagai Wadek I Fakultas Syariah dan Hukum
Dr Soraya Devy sebagai Wadek II Fakultas Syariah dan Hukum
Dr Ali sebagai Wadek III Fakultas Syariah dan Hukum
Habiburrahman, PhD sebagai Wadek I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Samsul Kamal, MPd sebagai Wadek II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Dr Mumtazul Fikri sebagai Wadek III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Dr Maizuddin sebagai Wadek I Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Dr Lukman Hakim sebagai Wadek II Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Dr Mawardi sebagai Wadek III Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Dr Mahmuddin sebagai Wadek I Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Fairus, MA sebagai Wadek II Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Dr Sabirin sebagai Wadek III Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Nazaruddin, MLIS sebagai Wadek I Fakultas Adab dan Humaniora
Sanusi, Mhum sebagai Wadek II Fakultas Adab dan Humaniora
Dr Ajidar Matsyah sebagai Wadek III Fakultas Adab dan Humaniora
Fithriady, PhD sebagai Wadek I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Israk Ahmadsyah, Mec sebagai Wadek II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Dr Analiansyah sebagai Wadek III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Yusran, MPd sebagai Wadek I Fakultas Sains dan Teknologi
Dr Zainal Abidin sebagai Wadek II Fakultas Sains dan Teknologi
Budi Azhari, MPd sebagai Wadek III Fakultas Sains dan Teknologi
Eka Januar, Msoc.Sc sebagai Wadek I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan
Muhammad Thalal, Med sebagai Wadek II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan
Reza Idria, PhD sebagai Wadek III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan
Dr Safrilsyah sebagai Wadek I Fakultas Psikologi
Misnawati, PhD Wadek II Fakultas Psikologi
Nasruddin, Mhum Wadek III Fakultas Psikologi
Suherman, Mec sebagai Kepala UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry
Dr Nur Chalis sebagai Kepala UPT Pusat Pengembangan Bahasa
Dr Syahminan sebagai Kepala UPT Ma’had Al Jami’ah dan Asrama UIN Ar-Raniry
Dr M Chalis sebagai Kepala UPT Percetakan
Asyraf Muzaffar sebagai kepala UPT Pusat Layanan Internasional UIN Ar-Raniry.

Berita Terkait

Berita Terkini