UIN Ar-Raniry dan BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Banda Aceh, hal tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama oleh Rektor UIN Ar-Raniry yang diwakili Wakil Rektor bidang Kerja sama dan Kemahasiswaan Prof Saifullah dan Kepala cabang BPJS Kesehatan Banda Aceh dr Neni Fajar di Aula Kantor BPJS setempat, Jumat (9/9/2022).

Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Saifullah Idris didampingi Karo AAKK Mirwan Fasta, mengatakan bahwa penandatanganan kerja sama antara UIN Ar-Raniry dengan BPJS Kesehatan tersebut dalam rangka untuk memberikan layanan kesehatan kepada mahasiswa khususnya di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, serta juga dapat ditingkatkan pada bidang lainnya seperti pada pengabdian hingga magang mahasiswa.
“Ada beberapa hal yang terus dilakukan dalam rangka pengembangan kampus terkait yang berhubungan langsung dengan Kesehatan, seperti pengembangan fakultas atau prodi yang berkaitan dengan kesehatan,” ujarnya.

Warek III menambahkan, yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan nantinya lebih banyak berkomunikasi dengan Klinik Kesehatan yang ada di Kampus UIN Ar-Raniry, sebab Klinik tersebut aktif memberikan pelayanan kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry.

Selain itu, Saifullah menyebutkan bahwa dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dapat juga dilakukan kerja sama dalam mensosialisasikan program BPJS Kesehatan ini kepada Masyarakat melalui program Kuliah Pengabdian kepada Masyarakat (KPM) Mahasiswa UIN Ar-Raniry.

“Biasanya pada saat pembekalan mahasiswa peserta KPM akan diberikan berbagai materi, antara lain visi-misi, teknik penyusunan dan perencanaan program pengabdian, pemahaman keagamaan dan pantangan dalam masyarakat Aceh dan bahaya narkoba. Ke depan juga dapat diisi materi tentang manfaat dan kegunaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat,” kata Saifullah.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Banda Aceh Neni Fajar menyatakan bahwa hubungan antara UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan BPJS Kesehatan cabang Banda Aceh telah berlangsung sangat baik sejak akhir 2021 lalu. Dengan penandatanganan naskah kerja sama ini akan lebih menguatkan kedua lembaga ini dalam menjalankan amanah dari undang-undang yang berlaku di Negara ini.

“Kami menyambut baik atas kerja sama yang telah berlangsung ini, dengan harapan ke depan akan lebih banyak program yang dapat direalisasikan bersama,” ujarnya.

Neni mengungkapkan, bahwa program magang mahasiswa dapat segera direalisasi jika ada mahasiswa yang ingin memilih BPJS Kesehatan Banda Aceh sebagai tempat magang mereka. Selama ini telah berjalan program magang mahasiswa, namun belum ada dari kampus UIN Ar-Raniry.

Lebih lanjut kata Neni, Kerja sama ini selain pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dalam rangka perluasan kepesertaan program jaminan kesehatan nasional di lingkungan civitas akademika dan mahasiswa.

Berita Terkait

Berita Terkini