Ketua DPRK Buka Mukhayyam Al-Qur’an Bagi Ibu-Ibu

0
155

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menggelar Mukhayyam (kemah) Al-Qur’an. Kegiatan ini berlangsung di Rumah Dinas Ketua DPRK di kawasan Neusu, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Minggu (17/04/2022).

Kegiatan yang dibuka langsung Ketua Farid Nyak Umar ini akan berlangsung dari tanggal 17 sampai 19 April. Acara ini dihadiri oleh peserta dari perwakilan setiap gampong dalam kecamatan Kuta Alam.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Mukhayyam ini bagian dari kegiatan Paket Ramadhan Ramadhan Berkah Bersama Ketua DPRK. Dan ini merupakan ikhtiar untuk mendekatkan diri kita dengan al-qur’an khususnya di bulan suci ramadan yang penuh berkah ini.

“Acara ini dilaksanakan selama tiga hari, tujuan dari kegiatan ini agar hubungan kita semakin dekat dengan al-qur’an sehingga dapat meraih kemuliaan bersama al-qur’an,” kata Farid saat menyampaikan sambutannya.

Lebih lanjut Farid menjelaskan adapun latar belakang dilaksanakan kegiatan ini untuk memaksimalkan ibadah di bulan suci ramadan, karena bulan ramadan juga bulan diturunkannya Al-qur’an oleh Allah SWT.

“Mari kita perbanyak membaca dan belajar al-qur’an, karena ramadan merupakan momentum yang paling baik mengkaji al-qur’an, mudah-mudahan dengan kegiatan mukhayyam ini kita semakin dekat dengan al-qur’an sehinga bisa meraih kemulian,” tutur Politisi PKS tersebut.

Panitia Mukhayyam Al-Qur’an, Yuhasniza menyebutkan bahwa kegiatan kemah al-qur’an ini dikhususkan untuk ibu-ibu dari perwakilan majelis taklim di Kota Banda Aceh. Karena ibu adalah sekolah pertama (madrasatul ula) bagi anak-anaknya, sehingga ketika ibu-ibu semakin dengan Al Quran maka cahaya Al Quran akan memenuhi seisi rumahnya.

“Ibu adalah madrasatul ula bagi seorang anak, jika ibu dekat dengan al-qur’an maka seisi rumah akan mendapatkan keberkahan. Diharapkan ruh al-qur’an semakin hidup di bulan ramadhan ini dan mendapatkan kemuliaan serta mengalir keberkahan bagi semua,” tutur Yuhasniza.

Hafnati Rahmatan, salah seorang dari Majelis Taklim An-Nisa Masjid Baiturrahmah, Gampong Keuramat mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur karena dapat mengikuti kegiatan mukhayyam tersebut karena bisa mendalami al-qur’an, khususnya memperbaiki bacaan al-qur’an dengan belajar tahsin.

“Alhamdulillah lewat kegiatan ini kami dapat mengikuti kajian dan belajar tajwid al-qur’an dengan benar, membaca al-qur’an secara tartil, sehingga interaksi kami dengan al-qur’an semakin baik. Semoga ke depan dapat diundang peserta yang lebih banyak lagi,” ungkap Hatmani Rahmatan yang juga seorang dosen di USK.

Para peserta dari kalangan ibu-ibu tersebut terlihat sangat antusias dalam mengikuti mukhayyam al-qur’an, terutama saat mempraktekkan bacaan tajwid yang dipandu oleh narasumber Ustadzah Rahmiyati, Lc, M.Us yang merupakan alumni Universitas Al-Azhar, Mesir dan University Kuala Lumpur.

Di samping mempelajari tahsin, mukhayyam al-qur’an juga diisi dengan tafsir al-qur’an, diskusi seputar al-qur’an dan berbagai kajian lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.