Lakukan Ini Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Kota Banda Aceh dan sejumlah daerah lain di Aceh diguyur hujan lebat dalam beberapa hari terakhir. 

Akibatnya sejumlah daerah mengalami banjir, bahkan warga terpaksa mengungsi. Selain terdampak banjir, banyak juga masyarakat yang mengalami sakit seperti demam, batuk dan pilek.

Salah seorang warga Banda Aceh, Rian yang mengalami deman dan batuk mengakui bahwa kurangnya persiapan dikala hujan seperti membawa mantel, menjadi penyebab dirinya jatuh sakit dan harus beristirahat di rumah.

Aktivitas yang padat di luar rumah, gaya hidup tak sehat ditambah cuaca tak menentu, juga membuat daya tahan tubuh kita melemah, tentu kita harus peduli untuk selalu menjaga kesehatan.

Apa yang dialami Rian setidaknya menjadi pembelajaran bagi kita untuk selalu siaga dengan perlengkapan hujan.

Berikut beberapa tips agar tetap sehat dan bugar di musim hujan:

Menjaga Pola Hidup Sehat

Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.  Untuk mendapatkan sehat, ada baiknya, setiap pagi sebelum memulai aktivitas, melakukan olahraga ringan terlebih dahulu  seperti perenggangan otot, ini dapat mengurangi  risiko cidera saat bekerja dan dapat membuat tubuh lebih rilek dan fleksibel.

Menjaga Empat Sehat Lima Sempurna

Ya, itu merupakan komponen makanan penting yang terdiri dari protein, lemak, karbo, serat dan vitamin terutama vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, semua sumber kebaikan tersebut harus terpenuhi setiap hari agar kebutuhan gizi tercukupi, makanan sehat yang dikonsumsi secara berkelanjutan akan membantu meningkatkan daya imun sehingga tubuh lebih kuat dan bugar.

Istirahat Cukup

Berdasarkan usia, kebutuhan istirahat setiap orang berbeda, usia dewasa membutuhkan hingga 8 jam per hari dapat menjaga kualitas kesehatan tubuh.  Cobalah tidur lebih awal setiap malamnya dan yang terpenting, berhenti untuk mengaktifkan gawai satu jam sebelum tidur, ini akan membuat istirahat lebih berkualitas dan membuat tubuh bugar esok hari.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang lembab dan tergenang adalah tempat favorit berkembangbiak nyamuk Chikungunya yang dapat menyebabkan DBD. Musim hujan membuat mereka berkembang lebih cepat dan ini akan mengkhawatirkan. Jadi, pastikan menutup tempat-tempat yang dapat berpotensi menjadi sarang mereka sehingga lingkungan dan keluarga aman.

Walau musim hujan namun bukan hambatan untuk tetap  beraktivitas di luar rumah, selalu  perhatikan kesehatan dengan melakukan tips tersebut dan tetap waspada dari hal-hal yang dapat menyebabkan aktivitas terganggu karena kesehatan kita selalu yang utama. (Nurul)