Achdan-Thursina Dinobatkan sebagai Duta GenRe Aceh 2022

Muhammad Achdan Tharis dari Forum GenRe Bireuen dan Thursina Akmalia dari PIK/R Aneuk Nanggroe terpilih dan dinobatkan sebagai Duta Generasi Berencana (GenRe) Aceh tahun 2022.

Achdan dan Thursina, keduanya dianugerahkan sebagai Duta GenRe Aceh 20220, setelah menyisihkan 18 peserta lainnya diajang Pemilihan Duta GenRe Aceh yang berlangsung di Hotel Hermes Palace, Sabtu malam (5/2/2022).

Sebelum malam penganugerahan Duta GenRe Aceh 2022 berlangsung, Duta GenRe Bireuen dan PIK/R Aneuk Nanggroe ini mengikuti karantina bersama 18 finalis lainnya dari 30 Januari hingga 2 Februari 2022 di Aula Kantor Perwakilan BKKBN Aceh.

Duapuluh finalis juga berkesempatan mengikuti Workshop “Tentang Kita” di Hermes Palace Hotel pada 3 Februari.

Kegiatan pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Aceh tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh diikuti oleh perwakilan putra dan putri dari 23 kabupaten/kota yang lulus seleksi Administrasi dan wawancara.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri dalam sambutanya mengatakan, even yang digelar setial tahunnya ini bertujuan untuk mensosialisasi dan promosi program GenRe dalam upaya meningkatkan sikap dan perilaku positif remaja Aceh di dalam menyambut bonus demografi.

Sahidal berharap Duta GenRe yang terpilih dapat mengharumkan nama Aceh dalam ajang pemilihan Duta GenRe tingkat nasional dan ia sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat.

“Kami sangat mengharapkan dukungan Bunda GenRe, Ibu Dyah yang juga selaku Ketua tim penggerak PKK Aceh, agar finalis yang terpilih dapat mengharumkan nama Aceh di tingkat Nasional,” tutur Sahidal.

Usai dinobatkan sebagai DUta GenRe Aceh 2022, Achdan dan Thursina mengatakan, mereka berdua akan mempersiapkan diri untuk mnegikuti ajang Pemilihan Duta GenRe Indonesia yang direncanakan pada Maret mendatang.

“Sebagai Duta GenRe Aceh 2022, kita ingin kembali mengharumkan nama Aceh ditingkat nasional, sebagaimana kita ketahui, kakak-kakak kami sebelumnya telah mengharumkan nama Aceh ditingkat nasional dan kami ingin bisa seperti mereka nanti, doakan kami ya,” kata Thursina dan diaminkan Achdan.

Thursina, remaja putri kelahiran tahun 2002 ini merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

Sedangkan duta GenRe putra 2022, Achdan merupakan mahasiswa kelahiran tahun 2001 dari Universitas Almuslim, Bireuen.

“Kami berharap bisa mensosialisasikan program GenRe BkkbN di lingkungan kampus, tempat tinggal kami dan Aceh khususnya. Sebagai role model remaja Aceh, kami akan membantu pemerintah mengajak remaja Aceh khususnya ke hal-hal yang positif, misal tidak menikah diusia anak, menjauhi narkoba, seks atau pergaulan bebas. Kita juga mengajak remaja Aceh untuk mencintai budaya dan menjaga adat istiadat kita,” kata Achdan yang diiyakan Thursina.

Kata Achdan dan Thursina, banyak persoalan remaja saat ini yang menjadi perhatian mereka. Sebagai Duta GenRe Aceh 2022 yang memiliki motto “Sekali menjabat se-umur hidup menginspirasi”, mereka akan mencoba mendekati remaja Aceh dan mensosialisasikan program GenRe dan 8 Fungsi Keluarga.

Menurut mereka berdua, masih banyak masyarakat dan remaja yang belum mengetahui program GenRe seutuhnya. Program ini kata mereka berdua sanggat bagus di dalam memecahkan persoalan remaja saat ini.

“Kita, remaja, diajak dan diajarkan untuk mempersiapkan diri dan merencanakan masa depan lebih baik. Termasuk merencanakan berumahtangga agar sakinah, mawaddah, dan warrahmah,” kata Achdan.

Thursina mengatakan, BKKBN memiliki program khusus bagi remaja guna mempersiapkan remaja Indonesia yang berkualitas dan berkarakter. Menjadikan remaja Indonesia sebagai generasi emas. Tentu untuk mencapai ini semua, kata Thursina, remaja perlu mempersiapkan dan merencanakan masa depannya dengan baik dan benar.

“Hidup berencan itu keren,” tutup Thursina.

Ketika ditanya terkait peran remaja dalam membantu pemerintah terkait stunting.

Duta GenRe Aceh 2022 ini kompak menjawab, “Insyaa Allah sebagaimana Harapan Bunda GenRe, Ibu Dyah tadi, kami akan membantu pemerintah- menurunkan dan mencegah stunting melalui program GenRe nanti”.

Daftar Juara Duta GenRe Aceh 2022

Selain Achdan dan Thursina yang dianugerahkan dengan gelar Duta GenRe Aceh 2022, oleh para juri, finalis lainnya yang menyabet juara yaitu:

  • Juara Media Sosial Inspirator Putra, Sagti Aprilian (PIK/R Tunas Muda) dan Putri, Srikandi (PIK/R SMAN Abdya).
  • Juara Favorit Putra, Ahmad Rafin Ripai (PIK/R Tunas Unggul Aceh Timur) dan Putri, Anastasya Faiza (PIK/R Jeumpa Kuneng).
  • Juara Wakil 2 Putra, Yuka Ramzian (GenRe Pidie) dan Putri, Vinca Grace Sihombing (PIK/R Tunas Nifah).
  • Juara wakil 1 Putra, Derli Andika (PIK/R Cendana) dan Putri, Sindi Alifa (PIK/R Tunas Muda).