Polda dan Kemenag Aceh Bahas Kerjasama Vaksinasi bagi Siswa Madrasah

Kepolisian Daerah Aceh bersama Kanwil Kemenag Aceh dan  Balai Sungai Air Wilayah I Aceh membahas tentang rencana vaksinasi bagi siswa madrasah.

Kegiatan direncanakan pada empat titik lokasi, yakni di MIN 8 Aceh Barat, MAN Beureunuen Pidie, Pesantren Mudi Masjid Raya Samalanga Bireuen, Pesantren Ashabul Yamin Paya Bakong, dan Pesantren Babussalam Matangkuli. Vaksinasi ini menargetkan mencapai 3.000 orang.

Hadir pada pertemuan ini, Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg, Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Ahmad Haydar, SH MM, Kasi GTK Kanwil Kemenag Aceh H Zulkifli SAg MPd, di ruang kerja Kapolda Aceh, Senin (27/12/2021).

“Kami menyambut baik atas inisiatif Bapak Kapolda terhadap percepatan vaksinasi di Aceh khususnya bagi siswa madrasah dan santri pesantren, ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk kebaikan dan kemaslahatan umat,” kata Iqbal.

Ia berharap rencana ini akan berjalan dengan lancar dan tertib. “Kami akan berkoordinasi dengan Kemenag kabupaten/kota, untuk proses ini dapat dijalankan dengan mudah sesuai dengan target,” katanya.

Iqbal menjelaskan Kemenag Aceh telah melakukan vaksinasi bagi sebagian siswa madrasah seluruh, dan targetnya untuk seluruh siswa madrasah di Aceh. “Kita doakan semua cobaan dan virus corona di Aceh dan Indonesia ini berlalu, disertai dengan usaha semua elemen,” jelasnya.

Kapolda Aceh mengatakan sinergi bersama ini akan menghasilkan tujuan yang maksimal, dan dalam rangka menjalankan Tranformasi menuju Polri yang Presisi.

“Sejak adanya vaksin, kami dari Polri terus berupaya melakukan sosialisasi dan vaksinasi secara bertahap ke masyarakat, dan berbagai kalangan,” kata Ahmad Haydar.

Ia mengatakan capaian vaksinasi yang digelar Polda Aceh terus meningkat.  “Ini juga kita lakukan untuk menaikkan rangking vaksinasi secara nasional, kami terus bekerja untuk target capaian pada akhir Desember ini sebesar 70 persen,” katanya.

Kami berharap kerjasama dengan Kemenag Aceh akan lebih mempercepat vaksinasi covid-19, tentunya untuk meminimalisir efek apabila terpapar virus corona.

Kami juga mengimbau masyarakat tidak perlu ragu dengan program vaksinasi vaksin Covid-19 yang gencar dilakukan, karena vaksin Covid-19 itu sehat dan halal, kata Ahmad Haydar.

Minggu lalu, Kakanwil Kemenag Aceh didampingi Plt Kabag TU dan Kabid Penaiszawa juga telah bersilaturrahmi dengan Kapolda Aceh membahas Program sinergisitas Kanwil dan Polda serta beberapa isu strategis terkait kehidupan umat beragama di Aceh.