UIN Ar-Raniry-Pemkab Nagan Raya Jalin Kerja Sama

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, hal tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama antara kedua lembaga tersebut yang berlangsung di Aula Pendapa Bupati Nagan Raya, Jumat (17/12/2021).

Naskah kerja sama kedua lembaga itu ditandatangani oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr H Warul Walidin AK, MA dan Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham, SE, yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, Ir H Ardhimartha turut disaksikan Anggota DPRA Komisi VI Teuku Raja Keumangan dan Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry Dr Saifullah Idris.

Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin AK usai penandatangan nasakah kerja sama mengatakan, UIN Ar-Raniry terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terutama dengan pemerintah kabupaten kota di Aceh dalam rangka meningkatkan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pada poin pengabdian dan penelitian.

“Kerja sama yang dilakukan UIN Ar-Raniry dengan berbagai lembaga tentu untuk dapat meningkatkan hubungan dengan semua unsur dan lembaga mitra, dengan adanya MoU nantinya akan saling membantu dalam melaksanakan berbagai program kerja sama dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang tersedia,” ujarnya.

Rektor menyebutkan, setidaknya ada beberapa program prioritas dalam kerja sama dengan Pemerintah Nagan Raya ini, antara lain peningkatan kualitas pendidikan dan kegiatan ilmiah, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan SDM, pemanfaatan tenaga ahli, serta hal lain yang dianggap perlu.

“Kerja sama ini untuk membangun sinegisitas dan interkoneksi antara Kabupaten Nagan Raya dengan UIN Ar-Raniriry Banda Aceh dalam membangun serta membina masyarakat dari berbagai sisi kehidupan,” ucapnya.

Rektor menyebutkan bahwa Nagan Raya ini memiliki potensi yang luar biasa, Warul juga mengapresiasi kepada pemerintah kabupaten Nagan Raya atas capaian prestasi terbaik dibidang Pendidikan Agama Islam, serta sejumlah prestasi lainnya.

Dalam kesempatan itu Rektor Warul Walidin menyatakan siap mendukung dalam rangka pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam di Wilayah Nagan Raya, dan ini akan menjadi yang pertama di kawasan ini.

Warul juga berjanji dalam waktu dekat ini akan mengirimkan mahasiswa UIN Ar-Raniry ke Nagan Raya dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat, yang nantinya diharapkan dapat membentuk gampong-gampong binaan di wailayah ini.

Sekretaris Daerah Kebupaten Nagan Raya, Ir H Ardhimartha mengatakan, kerja sama ini dilakukan agar terwujudnya sinergitas dan kolaborasi antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Nagan Raya, guna meningkatkan hubungan kelembagaan.

“Kita berharap bahwa kegiatan MoU ini tidak hanya sebatas penandatangan naskah saja, hendaknya kita saling berbagi kekuatan, saling mengisi kekurangan sehingga ke depan dapat memajukan daerah dan masyarakat, khususnya di Nagan Raya,” ujarnya.

Ardhimartha mengungkapkan, kerja sama tersebut dilakukan dalam semangat saling menguntungkan kedua belah pihak dengan cara yang efektif dan efesien serta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sekda Nagan Raya berharap kepada Rektor UIN Ar-Raniry dapat menjadi katalisator pembangunan di sektor teknologi, UMKM, industri dan investasi, perencanaan pembangunan hingga kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat yang dicita-citakan dapat terwujud.

Anggota DPRA Komisi VI Teuku Raja Keumangan, menyatakan siap membantu dalam merealisasikan butir-butir MoU antara UIN Ar-Raniry dengan Pemkab Nagan Raya, khususnya dibidang pendidikan. Sebab saat ini ddalam jabatannya di DPTA membidangi tentang pendidikan keistimewaaan.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Dr Saifullah Idris, M.Ag mengatakan, pelaksanaan MoU tersebut turut dihadir oleh sejumlah alumni UIN Ar-Raniry, dalam kesempatan juga Rektor UIN Ar-Raniry menyerahkan mandat Kops Alumni Ar-Raniry (Koniry) di Wilayah Nagan Raya untuk menyusun dan mempersiapkan pengukuhan pengurus Alumni.

Ditambahkan, mandat tersebut diserahkan Rektor Warul Walidin kepada Banta Diman M.Si sebagai Ketua, Diar Sudarlin sebagai Sekretaris dan Junias Zulfahmi sebagai bendahara, turut disaksikan sejumlah pejabat yang hadir pada prosesi MoU tersebut.