BPBA Gelar Simulasi Banjir

Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) laksanakan Simulasi Banjir Kabupaten Aceh Utara yang dipusatkan di Lapangan Bola T. Ali Kecamatan Matangkuli, Rabu (10/11/2021).

Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBA, Bobby Syahputra, mengatakan Simulasi Banjir di Kabupaten Aceh Utara, dilaksanakan mengingat Kabupaten Aceh Utara merupakan daerah yang rawan bencana banjir.

“Pelaksanaan Apel dan Simulasi Banjir Kabupaten Aceh Utara di lapangan bola T. Ali Kecamatan Matangkuli dihadiri oleh Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Asisten II Setdakab, Risawan Bentara.” lanjut Bobby.

Asisten II Setdakab Aceh Utara, Risawan Bentara, saat membacakan pidato Bupati Aceh Utara, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui BPBA yang telah memilih Kabupaten Aceh Utara sebagai lokasi pelaksanaan simulasi banjir tahun 2021.

Lebih lanjut, Risawan menyampaikan harapan, bantuan dan pendampingan dari Pemerintah Aceh terkait peralatan penanggulangan bencana dan lainnya mengingat Kabupaten Aceh Utara termasuk daerah yang rawan terhadap bencana banjir.

Sementara, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBA selaku penanggungjawab kegiatan simulasi banjir Aceh Utara, Fazli, menyampaikan, pelaksanaan kegiatan berlangsung selama dua hari, dimana hari pertama dilakukan pemantapan pelaku yang diikuti oleh Pejabat perwakilan Instansi/Lembaga terkait di Kabupaten Aceh Utara termasuk Lembaga vertikal yaitu TNI, Polri dan BMKG serta Muspika Matangkuli beserta para Geuchiknya.

Fazli melanjutkan, selesai dilaksanakan pemantapan pelaku, dilanjutkan dengan geladi kotor dan geladi bersih Apel Simulasi Banjir Kabupaten Aceh Utara.

Hari H Pelaksanaan Simulasi Banjir Kabupaten Aceh Utara, Rabu 10 November 2021, diawali dengan Apel Simulasi yang pimpin oleh Bupati Aceh Utara, diwakili Asisten II Setdakab selaku Inspektur Apel dan diikuti oleh Instansi/Lembaga terkait dan Muspika, 16 Geuchik serta perwakilan masyarakat setempat di Kecamatan Matangkuli sebagai peserta Apel Simulasi.

Simulasi Banjir dilaksanakan usai Apel Simulasi dan diikuti oleh perwakilan Instansi/Lembaga terkait di Kabupaten Aceh Utara seperti BPBD, Dinkes, Dinsos, PUPR, PERKIM, DLHK, Satpol PP dan WH, Dishub, Bappeda, DSI, RSU Cut Mutia, Satgas SAR, PMI, RAPI, Forum PRB, IPSM, Muspika dan 16 Geuchik di Kecamatan Matangkuli, ungkap Fazli.

“Simulasi Banjir di Kabupaten Aceh Utara, dititik beratkan pada Geladi Posko atau Table Top Exercise mengingat situasi masih pandemi Covid-19. Namun demikian masyarakat sebanyak 175 orang yang mewakili 16 Gampong di Kecamatan Matangkuli, ikut menyaksikan pelaksanaan Geladi Posko yang dipusatkan di lapangan bola, T. Ali Matangkuli,” tutup Kasi Kesiapsiagaan BPBA.