Empat Ribu Dosis Vaksin Disiapkan untuk Program Vaksinasi Merdeka di Aceh

Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyebutkan pelaksanaan vaksinasi merdeka akan digelar disejumlah lokasi seperti Masjid Raya Baiturrahman, UIN Ar-Raniry, Dayah Samudera Pasee dan di Dayah Bustanul Arifin. 

Total vaksin yang didistribusikan untuk vaksinasi merdeka ini adalah sebanyak 4 ribu dosis.

“Target tempat yaitu di dua pondok pesantren, satu masjid dan satu universitas. Total target 4 ribu (dosis), yaitu di Banda Aceh, Lhokseumawe, Bener Meriah,” kata Nova.

Hal demikian disampaikan Gubernur Aceh saat memantau jalannya Vaksinasi Merdeka di Masjid Raya Baiturrahman, (07/09/2021).

Menurut Nova sekitar 20 persen rakyat Aceh telah divaksin, dan akan terus berjalan baik secara reguler, massal dan sporadis. Mereka yang terlibat dalam vaksinasi ini adalah sebanyak 2.831 vaksinator, baik dari TNI, Polri maupun tenaga kesehatan Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan jika pemerintah terus berupaya mengendalikan covid di Aceh.

“Alhamdulillah dalam dua hari terakhir, ada penurunan signifikan dari yang terpapar,” ujar gubernur.

Nova mengajak semua masyarakat tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan utamanya memakai masker dan menjaga jarak. Dengan itu, pengendalian penyebaran covid dapat dilakukan secara maksimal.

“Masyarakat harapannya tetap pada prokes dengan 3M plus vaksinasi. Alhamdulillah animo masyarakat sangat baik, kerjasama Forkopimda juga sangat baik,” ujar Nova.

Vaksinasi Massal Pemerintah Aceh

Sementara itu Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan hingga 56 hari pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 oleh Pemerintah Aceh di Banda Aceh Convention Hall (BACH), sebanyak 69.529 orang telah disuntik vaksin Covid-19.

“Alhamdulillah setiap harinya terus bertambah. Sampai hari ini telah 69.529 orang yang mengikuti vaksinasi,” kata Iswanto,Selasa (07/08/2021).

Iswanto menyebutkan puluhan ribu masyarakat yang divaksin itu tidak lepas dari dukungan vaksinator, baik dari Pemerintah Aceh, TNI dan Polri, yang terlibat sejak awal pelaksanaan.

Sementara itu, Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman, mengatakan pada Selasa (07/09) sebanyak 363 orang mengikuti vaksinasi. Sebanyak 184 orang merupakan mereka yang disuntik dosis kedua.

Dr. Iman mengatakan, vaksinasi massal hari ini merupakan vaksinasi tahap kedua pelaksanaan hari ke-56. Dalam vaksinasi tahap dua sebanyak 61.855 orang disuntik. Sisanya merupakan mereka yang disuntik vaksin pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama.

Lebih lanjut dr. Iman mengajak seluruh masyarakat untuk mengunjungi pusat-pusat vaksinasi yang telah diatur pemerintah. Vaksin, kata dia, adalah ikhtiar bersama agar masyarakat terhindar dari paparan virus.

“Dengan mengikuti vaksin, mudah-mudahan herd imunity segera tercapai. Mari terus berikhtiar dengan mengajak serta kawan-kawan, kluarga yang belum vaksin untuk melakukan vaksin,” kata dr. Iman.

Ia melanjutkan jika para remaja usia sekolah pada tingkat SMP dan SMA sederajat yang juga sudah bisa ikut dalam program vaksinasi di BACH setiap hari Senin hingga Jumat. Iqbal