Aceh Kembali Terima 38.300 Dosis Vaksin Sinovac

Karo Humas Muhammad Iswanto

Aceh menerima kiriman 38.300 dosis vaksin sinovac pada Jumat 30 Juli 2021. Kedatangan vaksin tersebut sekaligus menjawab keluhan sejumlah kabupaten kota yang kehabisan stok vaksin Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Informasi kedatangan vaksin terbaru untuk Aceh disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, Jumat sore di Banda Aceh.

“Alhamdulillah hari ini kita menerima 38.300 dosis vaksin sinovac untuk kebutuhan vaksinasi di kabupaten/kota,” ujar dr. Hanif.

Vaksin tersebut, kata dr. Hanif, akan segera disalurkan ke kabupaten/kota di Aceh yang telah mengonfirmasi kehabisan stok vaksin.

“Pendistribusian akan kita lakukan secepatnya,” ujar dr. Hanif.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, yang juga Kepala Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, menyebutkan kedatangan vaksin itu merupakan langkah pemerintah mengejar capaian vaksinasi covid-19 di Aceh.

“Seperti disampaikan Bapak Gubernur, upaya mengejar capaian vaksinasi akan terus dilakukan secara maksimal, walaupun dengan segala keterbatasan, termasuk kendala ketersediaan vaksin secara nasional yang berdampak pula kepada Aceh,” kata Iswanto.

Iswanto menerangkan, sampai dengan tanggal 28 Juli 2021 Pemerintah Aceh telah menerima 989.107 Dosis vaksin.

“Kemudian pada Kamis kemarin kita juga telah menerima tambahan 33.300 dosis lagi, yaitu jenis Moderna yang akan dikhususkan untuk vaksinasi tenaga kesehatan tahap ketiga. Selanjutnya hari ini, Jumat, kita menerima 38.300 dosis Sinovac,” ungkap Iswanto.

Muhammad Iswanto, mengatakan vaksinasi massal tahap kedua telah mencapai 34 hari. Selama pelaksanaan ditambah sepekan pelaksanaan vaksinasi massal tahap pertama, sebanyak 52.943 orang dilaporkan telah disuntik vaksin covid-19.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat tinggi. Mereka terus berdatangan untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan kesempatan suntik vaksin covid-19,” kata Iswanto.

Iswanto menyebutkan, jika dirata-rata, dalam satu hari sekitar 1.000 orang yang disuntik oleh para vaksinator.

“Semangat masyarakat kita menjadi bukti bahwa semua orang ingin agar pandemi ini segera berakhir,” kata Iswanto.

Sementara itu, Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman, mengatakan pada Jumat hari ini sebanyak 956 orang disuntik vaksin covid-19.

Dr. Iman merinci, sebanyak 597 dari 956 orang merupakan mereka yang disuntik dosis pertama. Sementara 359 lainnya merupakan mereka yang disuntik dosis kedua. Sisanya yaitu 27 orang adalah mereka yang tunda suntik beberapa waktu lalu.

Dr. Iman menyebutkan vaksinasi yang dilakukan gedung Banda Aceh Conventions Hall itu tidak lepas dari dukungan TNI dan Polri. Di mana selain vaksintor dari pemerintah Aceh, vaksinator dari Rumah Sakit Kodam Iskandar Muda dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh terlibat sejak awal pelaksanaan.

“Terima kasih kami atas nama satgas kepada seluruh vaksinator. Baik dari pemerintah Aceh, maupun dari TNI dan Polri,” ujar dr. Iman.