UIN Ar-Raniry Kirim 10 Mahasiswa pada KKN Melayu Serumpun

Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata tematik Melayu Serumpun tahun 2021 yang akan berlangsung pada 26 Juli – 30 Agustus mendatang di Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.

Mawakili Rektor, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. H. Gunawan Adnan, MA, Ph.D saat melepaskan keberangkatan peserta, Jumat (23/7/2021) mengatakan, KKN tematik tahun 2021 tersebut mengusung tema Mederasi Beragama dan Kearifan Lokal Melayu Serumpun.

“KKN tematik tersebut akan berlangsung selama 35 hari diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Sumatera yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Imam Bonjol Padang,” ujarnya.

Gunawan menambahkan, KKN tersebut pada intinya memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait dengan pemahaman moderasi antar ummat beragama untuk menciptakan persatuan, kemajemukan serta kebinnekaan di Indonesia.

Untuk itu, kepada peserta Gunawan menegaskan bahwa salah satu dari poin tri dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat, maka KKN tematik ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa mengaplikasikan ilmunya bersama masyarakat.

Warek I juga berpesan kepada mahasiswa agar menjaga nama baik lembaga serta sikap dalam bermasyarakat, mari junjung tinggi nama baik lembaga dan berilah yang terbaik dari apa yang dimiliki masing-masing peserta, dan sebaliknya pelajarilah apa yang terbaik ditempat pengabdian untuk dapat diterapkan di Aceh nantinya.

“Yang terpenting adalah di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung, adat istiadat tentu berbeda maka pelajarilah kebiasaan masyarakat setempat serta pintar-pintar lah membawa diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar,” pesan Gunawan.

Dia menyebutkan, untuk KKN Tematik tahun 2021 ini UIN Ar-Raniry mengirim 10 mahasiswa hasil seleksi masing-masing fakultas di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. [Nat]