2.961 Camaba Ikuti Ujian PMB Lokal Online UIN Ar-Raniry

Sebanyak 2.961 calon mahasiswa baru (camaba) mengikuti ujian penerimaan mahasiswa baru jalur lokal (PMB Lokal) di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Kopelma Darussalam Banda Aceh, ujian yang dilaksanakan secara daring tersebut berlangsung pada Sabtu, (17/07/2021).

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA disela melakukan monitoring proses pengawasan ujian, mengatakan bawah PMB Lokal UIN Ar-Raniry dilakukan secara daring atau online dari rumah masing-masing.
|
Hal tersebut kata dia, dengan mempertimbangkan kemaslahatan calon mahasiswa yang saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, untuk itu semua peserta diwajibkan untuk mengikuti ujian secara daring.

“Jalur PMB Lokal ini digelar oleh panitia UIN Ar-Raniry Banda Aceh, namun tetap menggunakan aplikasi yang standar nasional, yakni aplikasi yang sama dengan seleksi UMPKIN tahun 2021,” ujarnya.

Warul Walidin menambahkan, sebelum dilaksanakan ujian ini, panitia juga telah melakukan simulasi yang diikuti oleh seluruh peserta yang mendaftar pada PMB Lokal ini, hal tersebut dilakukan agar peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan lancar.

Walau demikian, lanjut Rektor, nantinya panitia juga membuka peluang bagi peserta yang terkendala dan gagal mengikuti ujian PMB Lokal ini untuk mengikuti ujian susulan, tentu syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan yang ditetapkan panitia.

Warul menyatakan, peserta PMB Lokal berjumlah 2.961, angka tersebut menunjukkan animo masyarakat untuk masuk ke UIN Ar-Raniry masih sangat tinggi, dalam arti bahwa pandemi yang terjadi saat ini tidak mengurangi minat mereka untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi, khususnya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Terkait dengan program studi yang diminati kata Rektor Warul, masih sama dengan jalur sebelumnya, yaitu Ekonomi Syari’ah, Teknologi Informasi, Hukum Ekonomi Syari’ah, Pendidikan Bahasa Inggris dan prodi Arsitektur.

Selain PMB lokal, UIN Ar-Raniry juga akan membuka jalur khusus yang diberi nama Jalur Seleksi Khusus, dengan memberikan afirmasi bagi pihak-pihak terutama yang telah menjalin kerja sama dengan UIN Ar-Raniry untuk merekomendasi putera-puteri terbaik mereka yang ingin kuliah di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wakil Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. H. Gunawan Adnan, MA, Ph.D menyebutkan, peserta yang mengikuti ujian PMB Lokan ini sebanyak 2.961 orang yang dibagi kedalam dua sesi ujian, yakni sesi pertama dilaksanakan pukul 07.30 dan sesi kedua pada pukul 10.00 sampai selesai.

“Ujian kita laksanakan selama satu hari yang dibagi dua sesi, para peserta mengikuti ujian dari rumah masing-masing, sedangkan pengawasan dipusatkan pada Laboratorium PTIPD dan Prodi PTI UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” ujarnya.

Dikatakan, peserta harus mampu menjawab sebanyak 90 soal dengan durasi tes 100 menit, adapun materi tes antara lain penalaran verbal, Penalaran Kuantitatif, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Al-Qur`an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam dan Fiqih. Selanjutnya dilakukan Tes Komptensti Bidang IPS yang meliputi materi Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah, sementara pada kelompok IPA materi tesnya Biologi, Matematika, Kimia dan Fisika.

Gunawan Adnan menyatakan, bagi peserta yang gagal mengikuti PMB lokal ini dengan alasan tertentu maka dibolehkan untuk melaporkannya kepada panitia melalui link https://sapa.um-ptkin.ac.id/ dibuka sampai pukul 15.00 Wib pada hari pelaksanaan ujian.

Selanjutnya kata Gunawan, panitia akan melakukan verifikasi kendala atau masalah yang dihadapi dan akan dikonformasi kembali oleh panitia melalui aplikasi pendaftaran, untuk itu diharapkan kepada peserta yang telah melaporkan kepada panitia agar dapat login kembali dengan akun masing-masing pada Minggu 18 Juli, untuk memastikan nama-nama yang dinyatakan dapat mengikuti ujian susulan.

Ditambahkan, ujian susulan PMB lokal ini akan dilaksanakan pada Senin, 19 Juli 2021 pukul 10.00 sampai selesai, dan hasil kelulusan akan diumumkan pada 30 Juli 2021 mendatang sekitar pukul 17.00 Wib.