BMA Bantu Keluarga Miskin Korban Kebakaran Lamtamot

Baitul Mal Aceh (BMA) menyerahkan bantuan masa panik kepada keluarga miskin korban kebakaran atas nama M Sufi, Gampong Lamtamot, Lembah Selawah, Aceh Besar, Sabtu (10/7/2021).

Bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua Komisi VI DPRA, Tgk H. Irawan Abdullah S.Ag selaku mitra kerja Baitul Mal Aceh didampingi Anggota Badan BMA, Muhklis Sya’ya di lokasi kebakaran.

“Bantuan yang kita berikan berupa uang tunai sebesar Rp3 juta, untuk masa panik. Meskipun tidak terlalu besar setidaknya sudah meringankan beban keluarga korban yang sedang dirundung musibah,” ungkap Tgk Irawan Abdullah di sela-sela penyerahan bantuan.

Tgk Irawan menambahkan, semakin hari kebutuhan masa panik sangat tinggi. Apalagi Aceh salah satu provinsi yang rawan bencana. Oleh karena itu pemerintah butuh perhatian khusus terhadap kebutuhan riil masyarakat.

“Kita harapkan alokasi anggaran untuk bantuan-bantuan insidentil atau bahasa lain tanggap darurat seperti ini perlu ditingkatkan sehingga begitu ada musibah dengan cepat kita Pemerintah memberikan bantuan,” pinta Tgk Irawan sebagai Ketua Komisi VI DPR Aceh yang membidangi keistimewaan dan kekhususan Aceh.

Tgk H. Irawan Abdullah yang pernah menjadi anggota DPRK Aceh Besar 2004-2019 sendiri mengapresiasi langkah Baitul Mal Aceh yang memberikan perhatian nyata terhadap masyarakat. Menurutnya selama ini kehadiran Baitul Mal Aceh telah dirasakan manfaatnya melalui program-program dana zakat yang tepat sasaran.

Sementara itu, Anggota Badan BMA, Mukhlis Sya’ya menyebutkan korban kebakaran yang baru saja dibantu merupakan keluarga binaan BMA melalui program satu keluarga satu sarjana (SKSS). Saat ini putri M Sufi, Riska tercatat sebagai mahasiswa semester VI di Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Mukhlis menjelaskan setiap tahun BMA rutin menganggarkan bantuan untuk program insidentil. Begitu ada musibah, tim BaGAH BMA langsung mendata serta memproses pencairan bantuan.

“Kalau mampu kita datang sendiri untuk antarkan, maka kita langsung turun, namun di kabupaten/kota kita kirim melalui Baitul Mal Kabupaten masing-masing, artinya kita pastikan bantuan itu sampai. Selain itu kita harapkan Baitul Mal Kabupaten juga harus berpartisipasi aktif dalam membantu masyarakat,” ujarnya.

Mukhlis dan Tgk Irawan mengucapkan terimakasih kepada para muzaki BMA yang sudah mempercayakan zakatnya melalui BMA. Semoga rezeki para muzaki semakin berkah dan ditambahkan rezekinya.

M Sufi, korban kebakaran mengucapkan terima kasih atas kesediaan Baitul Mal Aceh bersama rombongan. Kehadiran BMA sangat meringankan bebannya di saat-saat seperti ini.

“BMA telah membantu banyak keluarga kami, kami sangat bersyukur, semoga Allah melindungi para muzaki dan amil semua,” tutup M Sufi.