Bapera Jadikan Donor Darah sebagai Agenda Rutin

Dewan Pengurus Daerah Barisan Pemuda Nusantara (DPD Bapera) Aceh kembali menggelar donor darah tahap kedua tahun 2021, Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan yang bekerja sama dengan UDD PMI Banda Aceh itu berlangsung di Mako Bapera Aceh, Jalan TP Nyak Makam, Lambhuk, Banda Aceh dan berhasil mengumpulkan darah sebanyak 20 kantong.

Ketua Harian DPD Bapera Aceh, Zikrullah Ibna mengatakan, aksi donor darah yang dilaksanakan pihaknya itu merupakan agenda rutin DPD Bapera Aceh agar bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Selain itu juga untuk menindaklanjuti arahan Ketua Umum DPP Bapera, Fahd El Fouz Arafiq agar memperbanyak kegiatan-kegiatan sosial seperti donor darah sebagai agenda rutin Bapera pada semua jenjang di seluruh nusantara.

“Donor darah tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan persediaan darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Banda Aceh khususnya untuk membantu pasien tanggap darurat yang membutuhkan darah segera,” kata Zikrullah Ibna.

Ia menambahkan aksi donor darah tersebut sudah dijadikan sebagai agenda wajib dan prioritas dari DPD Bapera Aceh dan akan dilaksanakan setiap dua bulan sekali.

“Alhamdulillah, pada aksi kedua tahun 2021, DPD Bapera Aceh berhasil mengumpulkan darah 20 kantong dari 35 orang yang mendaftar. Semoga di tahap selanjutnya akan terus bertambah lagi,” ucapnya.

Zikrullah Ibna menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak kepada panitia dan para pengurus yang telah menyelenggarakan aksi sosial tersebut.

Selain itu ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PMI Banda Aceh yang sudah bersedia datang ke kantor, sehingga memudahkan para pendonor untuk mendonorkan darahnya.

“Alhamdulillah, respon para pengurus sangat luar biasa dalam aksi kemanusiaan tersebut. Kami berharap para pendonor akan mau kembali mendonorkan darahnya 60 hari ke depan dan mengajak para pendonor lainnya,”ungkap Zikrullah Ibna.

Sementara Ketua PMI Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqny menyampaikan rasa terima kasih kepada DPD Bapera Aceh atas terlaksananya aksi donor darah tersebut. Ia berharap lembaga-lembaga lainnya juga mau menggelar kegiatan serupa agar kebutuhan darah di PMI dapat terpenuhi.

“Banyak saudara kita yang saat ini sedang sakit dan membutuhkan darah. Untuk itu, kepada seluruh masyarakat yang belum mendonorkan darahnya, kita imbau agar segera melaksanakan donor darah. Selain dapat membantu sesama juga menyehatkan diri sendiri,” ajak Qamaruzzaman Haqni.

Ia berharap, aksi donor darah ini bisa rutin dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan sekali, sehingga kebutuhan darah untuk rumah sakit di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, dan Calang bisa terpenuhi.