Konfirmasi Sembuh Covid 74 Orang, Satgas Ingatkan Tetap Patuhi Protkes

Jubir Covid, saifullah Abdulgani

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani  menyebutkan sebanyak 74 orang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, Minggu (16/5/2021).

Sementara kasus konfirmasi positif Covid-19  baru dilaporkan sebanyak 13 orang, serta korban meninggal dunia akibat  Covid-19  sebanyak dua orang.

“Kasus-kasus baru kali ini banyak yang harus dirawat di rumah sakit, sehingga pemakaian tempat tidur   rumah sakit rujukan kian meningkat,” tambah Saifullah.

Saifullah Kembali mengingatkan masyarakat, khususnya pasca lebaran Idul Fitri agar menjaga diri, menjaga keluarga, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pada suasana lebaran dan arus balik saat ini amat penting memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUDZA Banda Aceh, dr Novina Rahmawati, M.Si Med, SP.THTKL, FICS melaporkan, pada hari Minggu kemarin ada penambahan empat pasien baru dalam kurun waktu sekitar lima jam, dari pukul 08.00 wib s/d 14.00 Wib, sehingga jumlah pasien Covid-19 yang kini dirawat di RSUDZA sebanyak 90 orang.

Novina melaporkan tingkat pemakaian tempat tidur (bed) di RSUDZA sudah mencapai 81 persen dari 108 bed yang tersedia. Pasien Covid-19 yang dirawat di Ruang RICU (Respiratory Intesive Care Unit) sembilan orang, di ruang RHCU (Respiratory High Care Unit) 20 orang, Pinere I 11 orang, dan Pinere IV sebanyak delapan orang.

Sementara itu data akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per 16 Mei 2021, jumlah kasus Covid-19 secara akumulatif telah mencapai 12.249 kasus/orang. Para penyintas, yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 10.309 orang. Pasien masih dirawat 1.446 orang, dan penderita yang meninggal dunia telah mencapai 494 orang.

Data akumulatif tersebut sudah mencakup penambahan 35 kasus konfirmasi baru Covid-19, pasien yang sembuh bertambah sebanyak 74 orang, dan dua orang yang dilaporkan meninggal dunia, dalam waktu 24 jam terakhir.

Kasus konfirmasi positif yang bertambah hari ini meliputi warga Aceh Tamiang 12 orang, Aceh Tenggara tujuh orang, warga Aceh Besar dan Banda Aceh sama-sama bertambah lima orang. Kemudian warga Aceh Barat dua orang, warga Langsa satu orang, dan tiga orang lainnya warga dari luar daerah.

Sementara itu, 74 penderita Covid-19 yang sembuh meliputi warga Banda Aceh 35 orang, Gayo Lues 13 orang, Aceh Besar delapan orang, Pidie Jaya tujuh orang, warga Aceh Tamiang dan Lhokseumawe, masing-masing tiga orang. Kemudian warga Aceh Selatan dua orang. Tiga orang lainnya masing-masing satu warga Aceh Utara, Aceh Tenggara, dan warga luar daerah.

Sedangkan dua orang yang dilaporkan meninggal dunia dalam waktu 24 jam terakhir, masing-masing satu warga Kota Banda Aceh dan satu warga Kota Lhokseumawe.