FEBI UIN Ar-Raniry Gelar Pertemuan dengan Stakeholder dan Pengguna Lulusan

Sebagai Fakultas yang fokus pada usaha untuk mempersiapkan generasi yang berdaya saing dan sanggup menyambut perkembangan dinamis dalam revolusi industri 4.0, masukan dari stakeholder atau mitra terkait sangat diperlukan.

Untuk itu, Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar perteman dengan Stakeholder dan Pengguna Lulusan yang selama ini menjadi mitra fakultas seperti lembaga pemerintahan dan lembaga keuangan Syariah.

Pertemuan dengan stakeholder dan mitra yang berlangsung di Ruang Teater FEBI UIN Ar-Raniry pada pada Kamis, (8/4/2021) ini dilaksanakan sebagai wadah untuk melakukan sosialisasi visi, misi, tujuan dan strategi FEBI UIN Ar-Raniry, sosialisasi kurikulum program studi ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Ilmu Ekonomi yang baru disahkan oleh Rektor UIN Ar-Raniry.

Demikian disampaikan Dekan FEBI UIN Ar-Raniry, Dr. Zaki Fuad, M.Ag disela kegiatan berlangsung, Kamis, (8/4/2021). dikatakan bahwa pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat silaturrahim dengan para pihak yang telah melakukan kerja sama dan mendukung proses pendidikan di kampus UIN Ar-Raniry.

“Pimpinan FEBI terus berupaya untuk mendorong para dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan agar terus berinovasi dalam melaksanakan tugas, sehingga diharapkan terus akan terjadi peningkatan dalam mengelola lembaga pendidikan ini ke arah yang lebih baik di masa mendatang,” ujar Zaki.

Di samping itu lanjut Dekan, dalam pertemuan yang reguler dilaksanakan oleh FEBI UIN Ar-Raniry juga bertujuan untuk menyampaikan update berbagai perkembangan fakultas dan berbagai prestasi civitas akademika.

“Diharapkan dari pertemuan ini akan lahir berbagai program kolaborasi antara FEBI UIN Ar-Raniry dan berbagai lembaga pemerintah dan lembaga keuangan Syariah di bidang pendidikan/pengajaran, penelitian, dan kegiatan-kegiatan pengabdian dan pengembangan masyarakat,” kata Zaki Fuad.

Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry Dr. Saifullah, M.Ag, dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan, bahwa tantangan ekonomi Syariah hari ini adalah bagaimana perkembangannya dikawal oleh perkembangan ilmu pengetahuan secara integrative dan holistik. Ini hanya bisa dicapai kalau ada link and match antara dunia kampus dan dunia industri.

Sementara itu, Wakil Dekan I yang juga Ketua Panitia FEBI Award, Dr. Hafas Furqani, M.Ec, mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, perkembangan ekonomi Syariah di Aceh sangat luar biasa, dimulai dengan konversi Bank Aceh, kemudian islamisasi lembaga keuangan, penguatan baitul Mal Aceh, sampai kepada industri halal dan pariwisata Syariah. Semua perkembangan ini harus diapresiasi. Mudah-mudahan Aceh bisa menjadi model pengembangan ekonomi Syariah nasional.

Dalam kesempatan itu, pimpinan FEBI juga menyampaikan visi, misi, tujuan dan strategi FEBI dan Program Studi, kurikulum, aktivitas dan prestasi yang diraih oleh civitas akademika, antara lain disampaikan oleh Dr. Hafas Furqani, M.Ec, Wakil Dekan III FEBI Dr. Analiansyah, M.Ag, Kaprodi Ekonomi Syariah Dr. Nilam Sari, MA, Kaprodi Perbankan Syariah Dr. Nevi Hasnita dan Kaprodi Ilmu Ekonomi Dr. Muhammad Adnan, M.Si.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog bersama para stakeholder. Dalam dialog tersebut para stakeholder menyampaikan berbagai masukan, kritik dan saran sebagai input kepada fakultas untuk menghasilkan lulusan seperti yang diharapkan oleh pengguna lulusan.

Hafas menambahkan, dalam kesempatan itu FEBI juga memberikan anugerah FEBI Award 2021 kepada Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, dan Tenaga Kebersihan sebagai sebuah bentuk apresiasi atas prestasi dan dedikasi yang diberikan kepada Fakultas, pengembangan ilmu dan mendidik para mahasiswa.

“Anugerah, special achievement, kepada para stakeholder juga diberikan menghargai tokoh, instansi pemerintah, dan lembaga keuangan Syariah yang paling berkontribusi dalam pengembangan ekonomi Syariah di Provinsi Aceh.” ujarnya. Kegiatan ditutup oleh Dekan FEBI UIN Ar-Raniry Dr. Zaki Fuad, M.Ag.