Liburan pandemi COVID-19, Sabang masih sasaran kunjungan wisatawan luar Aceh

wisatawan ke Sabang/ANTARA

Kota Sabang dikunjungi sebanyak lima ribu lebih wisatawan selama libur panjang sejak 28 Oktober sampai 1 November 2020 pekan lalu. 

Marine Inspektur KSOP Sabang Heru Kurniawan mengatakan, mereka mencatat penumpang yang tiba di Sabang selama lima hari ini mencapai 5.062 orang. 

“Penumpang yang masuk 5.062 orang, dan yang keluar dari Sabang 5.317 orang, itu data yang ada sama kita,” kata Heru Kurniawan yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa. 

Namun, kata Heru, pihaknya tidak memiliki rincian penumpang secara keseluruhan berapa wisatawan dan masyarakat asli Sabang. Karena data yang diinput hanya nama saja. 

“Tidak bisa kita bedakan, karena berdasarkan data manifest, ada dari Jawa, Aceh atau Lampung, disitu semua,” ujarnya. 

Heru menyampaikan, selama libur panjang memang terjadi peningkatan penumpang sekitar 85 persen, naik dari hari biasanya. 

“Selama libur panjang kita mencatat biasanya 600 penumpang, sekarang naik jadi seribu lebih per hari orang yang masuk ke Sabang,” katanya. 

Meski terjadi lonjakan penumpang, lanjut Heru, protokol kesehatan COVID-19 tetap dilaksanakan sebelum turun di pelabuhan Balohan, Sabang. 

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Adrian juga mengatakan hal yang sama, dimana terjadi lonjakan penumpang arus balik dari Sabang menuju Banda Aceh, sehingga dilakukan penambahan jadwal keberangkatan kapal cepat. 

“Untuk kapal cepat bertambah dua, dan menjadi lima kali keberangkatan hari ini,” kata Adrian. 

Sedangkan untuk kapal lambat atau fery, sudah ditambahkan satu jadwal keberangkatan sejak masuk hari libur pertama. Penumpang sekitar 50 persen dari kapasitas kapal. Antara

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun