Pasien Positif COVID-19 Melahirkan di RSUDZA

Covid-19

Seorang pasien yang positif terkonfirmasi COVID-19 dilaporkan melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh, pada Kamis. 

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Endang Mutiawati, membenarkan kabar melahirkannya perempuan yang positif COVID-19 itu di rumah sakit setempat.

“Iya benar, sedang dalam proses seksio, mungkin sudah hampir selesai itu. Iya pasien COVID-19,” kata Endang, di Banda Aceh.

Dia menjelaskan, perempuan tersebut melahirkan dengan cara seksio sesarea atau operasi sesar di ruang operasi khusus pasien COVID-19 di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

Namun, Endang belum mengetahui daerah asal warga yang melahirkan tersebut. Katanya, pasien itu masuk ke RSUD Zainoel Abdidin Banda Aceh pada Rabu (13/8) kemarin. 

“Enggak hafal saya dari daerah mana. Masuk ke RSUDZA kalau enggak salah kemarin sore,” ujarnya.

Menurut Endang, pasien itu memang masuk ke rumah sakit dalam kondisi positif COVID-19, dan sudah waktunya untuk melahirkan. Selain pasien ini, sebelumnya ada dua pasien COVID-19 juga menjalani operasi pendarahan otak dan usus buntu.

“Kalau yang melahirkan baru ini satu orang, kondisi kesehatan pasien ini baik Alhamdulillah,” ujarnya.

Lanjut Endang, meskipun perempuan tersebut positif virus corona, namun tidak menularkan ke anaknya yang harus lahir tersebut.

“Enggak menularkan (COVID-19) ke bayi,” kata Endang saat ditanyai kemungkinan penularan. Antara