Mahasiswa KKN Unsyiah Sosialisasikan Protokol Pencegahan Covid-19 Pada Masyarakat

Dalam rangka mencegah penyebaran penularan COVID-19, mahasiswa Unsyiah yang tergabung dalam kelompok 584 KKN Tematik COVID-19 Unsyiah melakukan sosialisasikan protokol pencegahan COVID-19.

Elsa Ismiranda dan Mona Resya, Mahasiswa Fakultas Keperawatan dan Fakultas Pertanian melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan seperti edukasi pencegahan penularan COVID-19 melalui poster dan media sosial kepada masyarakat, pembuatan tempat cuci tangan, pembagian handsanitizer hingga aksi berbagi masker kain. Sementara untuk masker tersebut dijahit langsung oleh mahasiswa tersebut.

Elsa Ismiranda menyebutkan, kegiatan berbagi masker ini ditujukan agar masyarakat dapat terhindar dari COVID-19 yang dapat menular dari percikan batuk atau bersin yang disebut juga dengan droplet.

“Aksi berbagi masker ini awalnya dipicu oleh kegelisahan kami melihat masyarakat yang pergi ke pasar tanpa menggunakan masker” ungkap Elsa.

Aksi berbagi masker kata Elsa juga disertai dengan pemberian edukasi cara memakai masker yang benar dan menghimbau masyarakat untuk menggunakannya jika berpergian keluar rumah.

Selain itu mereka juga mengajarkan kepada santri dan santriwati Taman Pendidikan Al-Qur`an atau biasa dikenal dengan TPA terkait cara mencuci tangan yang baik dan benar.

“Pandemi COVID-19 masih belum berakhir, peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 masih terus terjadi, upaya pencegahan harus terus digaungkan” Ujar Elsa.