Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry Sidang Tesis Via Daring

Tak hanya belajar jarak jauh, sejumlah mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan ujian tugas akhir (tesis) secara daring (online), UIN Ar-Raniry salah satu perguruan tinggi yang tidak hanya melakukan proses belajar mengajar secara daring, namun juga siding akhir dengan menggunakan daring.

Salah satu program studi di UIN Ar-Raniry, yakni program magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2 KPI) telah melaksanakan siding tesis mahasiswa dengan cara daring atau jara jauh, telah berhasil meluluskan seorang mahasiswa secara daring.

Ketua Prodi S2 KPI UIN Ar-Raniry, Dr. Abdul Rani Usman, M.Si kepada ar-raniryac.id melalui saluran telepon, Jumat (17/4/2020) mengatakan, bahwa salah seorang mahasiswa prodi magister KPI UIN Ar-Raniry telah mengikuti sidang akhir tesis secara daring (online).

“Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan akademik saat pandemik Covid-19, jangan sampai menghambat mahasiswa yang ingin segera menyelesaikan kuliahnya,” kata Rani.

Namun kata Abdul Rani, walau dilakukan dengan cara daring, tetap menjaga standar kualitas proses akademiknya, sebagaimana standar yang telah ditetapkan.

Dia menyatakan, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menyelesaikan kuliah walau dengan status “Di Rumah Saja”, untuk menyelesaikan tugas banyak cara dapat dilakukan, bahkan perpustakaan Pascasarjana UIN Ar-Raniry tetap buka, walau dengan pelayanan terbatas dan jumlah pengunjung juga dibatasi, namun masih bisa diakses oleh mahasiswa.

Sekretaris Prodi S2 KPI, Azman Sulaiman, S.Sos.I, M. IKom, mengatakan bahwa mahasiswa yang telah menyelesaikan siding tesis tersebut atas nama Rosmiati (Nim:281625552) dengan judul tesisnya “Prinsip Prinsip Komunikasi Dalam Bimbingan Pra Nikah”, (Studi Terhadap Calon Pengantin Di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh).

Menurut Azman, Rosmiati mengikuti ujian mengambil posisi di ruang perpustakaan Pscasarjana UIN Ar-Raniry, dengan mempertimbangkan jaringan internet dan kenyamanan lainnya, sementara tim penguji yang terdiri dari Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd sebagai ketua, Dr. Abizal M. Yati, MA sebagai sekretaris, Dr. Juhari Hasan, M.Si dan Dr. Rasyidah, MA sebagai pembahas, mereka menguji dari rumah masing-masing dengan menggunakan aplikasi yang mereka sepakati.

Sementara itu, Rosmiati melalui pesan WhatsApp mengatakan, bahwa proses sidang tesisnya dapat berjalan dengan baik dan lancar, ia telah melakukan proses bimbing sudah selesai sejak bulan Januari lalu.

“Saya telah menyusun tugas akhir dan selesai melakukan bimbingan sejak Janiuari lalu, namun baru sekarang dapat melakukan sidang, Alhamdulillah lancar dan tidak ada kendala apapun, proses sidang berlangsung selama kurang lebih satu jam,” ujarnya.

Rosmiati bersyukur dapat menyelesaikan kuliah walaupun dalam kondisi pandemi Corona, tentu ada kesan tersendiri, terkesan kurang sempurna karena tidak bisa tatap muka langsung, sebab ia lebih senang dapat melakukan secara tatap tatap muka.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads