Dinsos: Belum Ada Masyarakat Aceh di China Selain Mahasiswa yang Buat Pengaduan

Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyatakan belum mendapatkan informasi dan pengaduan apapun terkait dengan keberadaan warga Aceh di China, selain mereka yang berstatus mahasiswa.

“Sampai hari ini makanya posko kita buka belum ada laporan,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri saat menerima kunjungan anggota DPRA di posko penanganan mahasiswa Aceh di China, di Banda Aceh, Kamis

Dia menjelaskan atas alasan itu Pemerintah Aceh membuka posko layanan informasi bagi masyarakat terkait dengan anggota keluarganya yang berada di China, termasuk yang selain mahasiswa.

Pihaknya juga terus berkoodinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh dan instansi terkait lainnya menyangkut informasi warga Aceh yang menetap dan bekerja di Tiongkok tersebut.

“Tapi nanti kalau ada laporan sama juga kita perlakukan (seperti mahasiswa, red.), tidak ada beda-beda, sama-sama warga negara Indoensia asal Aceh,” katanya.

Anggota DPRA Teuku Irwan Djohan mengatakan sejauh ini dirinya juga belum menerima informasi terkait dengan warga Aceh yang bekerja dan menetap di China selain mahasiswa.

Selama ini dirinya berkomunikasi secara intensif dengan beberapa mahasiswa.

“Sejauh ini yang komunikasi dengan saya adalah mahasiswa. Begitu juga saya apresiasi Dinas Sosial Aceh membuka posko agar apapun pengaduan terkait informasi warga Aceh ada di China langsung menyampaikan ke posko ini,” katanya.

Hingga saat ini, tercatat 21 mahasiswa Aceh berada di China, 13 orang diantaranya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China yang telah diberlakukan kebijakan isolasi akibat penyebaran virus corona, sedangkan delapan lainnya di sejumlah kota di China. Antara

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads