Ketua DPRK Dorong Digitalisasi Kepustakaan dan Arsip

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang berada di Jalan K Amin Beurawe, Kecamatan Kuta Alam. Banda Aceh.

Dalam kunjungan tersebut Farid Nyak Umar disambut langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banda Aceh, Alimsyah, Kamis (12/12/2019).

Farid Nyak Umar mengapresiasi atas upaya-upaya yang telah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh selama ini. Ide-ide kreatif Kepala Dinas beserta jajaran harus diimplementasikan bukan hanya sekedar ide-ide saja.

“Karena perpustakaan memegang peranan penting sebagai sumber peradaban. Perpustakaan sebenarnya bagian integral dari kegiatan pendidikan itu sendiri,” kata Farid Nyak Umar, saat berkunjung ke dinas tersebut.

Pada kesempatan itu Farid juga mendorong Dinas Perpustakaan aga bisa mengikuti kemajuan teknologi informasi di era digitalisasi ini. Dengan melakukan transformasi menuju era industri 4.0.

Menurutnya perpustakaan tidak bisa hanya dikelola secara konvensional lagi, tapi harus mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang semakin melek teknologi. Bahkan Dinas Perpustakaan harus ada ruang multimedia.

“Namun semua itu, juga harus didukung dengan fisik bangunan yang memadai. Pustaka harus nyaman bagi pengunjung,” ujar Farid Nyak Umar.