Plt Gubernur Minta Dukungan Menag untuk Penguatan Syariat Islam di Aceh

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengharapkan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi ikut mendukung setiap upaya penerapan syariat Islam di Aceh.

Nova mengatakan, pengangkatan putra Aceh sebagai Menteri Agama merupakan sebuah keistimewaan, sebab jabatan tersebut sejalan dengan nilai yang ada di Aceh.

“Hingga saat ini pemerintah Aceh terus berupaya melakukan penguatan implementasi syariat Islam,” kata Nova Iriansyah saat memberikan sambutan pada acara silaturrahmi Menteri Agama Indonesia bersama ulama dan civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, di Gedung Auditorium Ali Hasjmy, Senin, (18/11).

Melalui program Aceh Meuadab, kata Nova, Pemerintah Aceh melakukan beberapa langkah penguatan syariat Islam. Di antaranya, melakukan penguatan pendidikan berbasis nilai-nilai moral dengan menghadirkan kurikulum Aceh Islami untuk setiap jenjang pendidikan.

Nova menuturkan, penerapan syariat Islam di Aceh tidak hanya berkutat pada persoalan jinayat semata, tapi juga mencakup berbagai sektor kehidupan masyarakat. “Di bidang perbankan, Aceh mencatat sejarah baru dengan melakukan konversi PT. Bank Aceh dari bank konvensional menjadi bank syariah,” tutur Nova.

Sementara itu, Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi mengatakan, tugas yang dipikulnya merupakan tugas mulia, meskipun tidak ringan dalam menjalankannya. Oleh karena itu, ia meminta dukungan semua pihak di Aceh.

Ia mengatakan, sebagai putra Aceh ia merasa dukungan seluruh elemen masyarakat di Aceh sangat penting baginya. Salah satu dukungan nyata Aceh untuk dirinya adalah terwujudnya kampus UIN Ar-Raniry sebagai universitas unggul yang berbasis integrasi antara Islam dan sains.