Di hadapan Menag, Daud Pakeh Sampaikan Harapan Lahirnya Ma’had Aly di Barat Selatan Aceh

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh Daud Pakeh menyampaikan sampaikan saat ini Aceh sudah memiliki 5 ma’had ‘Aly dari 48 Ma’had Aly yang ada di Indonesia, namun semuanya berada di wilayah timur Aceh.

Dia berharap jumlah Ma’had `Aly bertambah lagi di Aceh khususnya di wilayah barat selatan.

Hal itu disampaikan Daud Pakeh saat menyampaikan sambutannya dalam silaturrahmi antara ulama Aceh, Menag RI dan ASN Kemenag Aceh di Asrama Haji Aceh, Minggu 17 November 2019.

“Mudah-mudahan jumlah tersebut dapat bertambah bapak menteri, khususnya untuk wilayah barat selatan, karena dayah dan santri memiliki peran strategis dalam melawan radikalisme, narkoba dan ia sebagai benteng pendidikan karakter,” ujar Daud.

Dalam kesempatan tersebut Daud Pakeh berharap di bawah kepemimpinan Menteri Agama Fachrul Razi Kementerian Agama menjadi lebih baik.

Daud mengatakan, dengan segudang pengalaman yang dimiliki Fachrul Razi saat memimpin TNI dia yakin di tangan mantan Wakil Panglima TNI itu Kemenag akan menuju arah yang lebih baik.

“Kami yakin bapak menteri dengan segudang pengalaman menahkodai pasukan dan menjaga NKRI juga akan membawa kapal besar Kementerian Agama ini ke pantai paling indah, ke arah lebih baik,” ujar Daud Pakeh.

Dalam pertemuan bersama ulama Aceh dan ASN Kemenag Aceh, Fachrul Razi di-peusijuek (tepung tawar) oleh ulama karismatik Aceh Abu Usman Kutra Krueng. Para ulama dan ASN juga sama-sama mendoakan agar Menteri Agama dimudahkan segala urusannya dalam mengurus lembaga ini.

“Hari ini, besok, lusa dan seterusnya kami senantiasa mendoakan dan dukungan bapak menteri agar diberikan kemudahan, kekuatan dan keuletan dalam memimpin lembaga tercinta ini,” ujarnya.

Kepada Menag Daud juga menyampaikan sejumlah permintaan terutama mengenai Asrama Haji Aceh yang terbengkalai. Hal itu dikhawatirkan dapat menganggu jamaah haji jika terjadi delay saat pemberangkatan.

Pada kesempatan tersebut Menag juga menandatangani tiga prasasti gedung balai nikah dan manasik haji Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan yang dibangun dengan dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) tahun 2019. Selain itu Fachrul juga berkesempatan meninjau kondisi Asrama Haji Embarkasi Aceh.