Jalur Lintas Barat Selatan Aceh Tertutup Longsor, Lalin Macet

Longsoran batu dan tanah menutupi jalur lintas barat-selatan Aceh. Akibatnya, arus lalu lintas dari Banda Aceh menuju Aceh Barat sempat lumpuh.

Longsor terjadi di jalan lintas Banda Aceh-Meulaboh di KM 62 Gunung Geurutee, Desa Babah Ie, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Aceh, Senin (14/10/2019) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Tanah dari atas tebing gunung menutupi badan jalan sehingga tidak dapat dilalui.

“Penyebab longsor tersebut belum diketahui pasti namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi di Banda Aceh, Aceh.

Pasca kejadian, tim Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya dan pihak terkait pun meluncur ke lokasi untuk membersihkan material longsor. Pengguna roda dua maupun roda empat mengantre di dekat lokasi.

Hingga kini, petugas gabungan masih berupaya membuka jalan agar dapat dilalui kendaraan. Beberapa pengendara ikut membantu petugas menyingkirkan pohon, tanah hingga batu yang menutupi seluruh badan jalan.

“Akibat dari kejadian tersebut menimbulkan kemacetan dan kita membuka jalur sistem buka tutup,” jelas Sunawardi. detik