Barongsai Aceh Ikuti Turnamen Internasional di Tiongkok

Ketua Yayasan HAKKA Aceh, KHO KHIE SIONG (AKY) yang juga ketua FOBI Aceh menyebutkan, Club Golden Dragon (GD) binaan Yayasan HAKKA Aceh dipercayakan mewakili Perkumpulan HAKKA Indonesia Sejahtera (PHIS) untuk berlaga dalam kejuaraan Tingkat Dunia yang berlangsung 17-22 September 2019 di Tiongkok.

Mereka akan tampil pada kegiatan “GONG YI COOPER CAMEL CUP HAKKA DRAGON & LION DANCE INTERNASIONAL INVITATIONAL TOURNAMENT”, di Kota HENAN – ZHENGZHOU, TIONGKOK.

Barongsai adalah permainan/tradisi dari masyarakat Tionghoa yang berasal dari Negeri Tiongkok, permainan ini sangat dikenal dan disukai/diminati oleh masyarakat dunia.

Begitu juga di Indonesia, permainan Barongsai sangat dinanti-nanti, karena permainan ini membutuhkan keahlian khusus, keterampilan dan keberanian serta latihan yang sangat disiplin dan dibutuhkan waktu yang lama untuk dapat memainkan permainan ini.

Pada akhirnya tanggal 23 Februari 2013 permainan Barongsai secara resmi dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dan bergabung dibawah bendera KONI dengan nama Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI).

Di Aceh, FOBI terbentuk tanggal 11 Juni 2014, diketuai oleh KHO KHIE SIONG (AKY) dan telah membentuk pengkab/pengkot FOBI di Sabang, Aceh Timur dan Aceh Tamiang, dan membina beberapa club di seantero Aceh.

KHO KHIE SIONG menyebutkan, club Barongsai GOLDEN DRAGON (GD) Binaan Yayasan HAKKA Aceh telah malang-melintang dibeberapa kejuaraan Nasional. Sebelumnya berhasil meraih medali Perunggu dalam ajang PON XIX/2016 di Jawa Barat

“Kita pantas berbangga Barongsai Aceh di percayakan untuk mewakili Indonesia di kancah Turnamen Internasional ini, meskipun dengan beban dan tanggung jawab yang besar untuk meraih prestasi yang baik untuk mengharumkan nama Aceh khususnya dan nama Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Menurutnya, kepercayaan dan kesempatan ini juga menjadi berkah untuk dapat memperkenalkan/mempromosikan Daerah Aceh ke Tingkat Dunia.