Keumamah dan Ayam Tangkap, Sajian Calhaj Aceh di Penerbangan ke Jeddah

Keberangkatan kloter terakhir Jamaah calon haji Aceh/Ist

Jemaah calon haji (calhaj) embarkasi Aceh berangkat ke Arab Saudi mulai Sabtu (20/7/2019) besok. Selama penerbangan, jemaah akan disajikan ayam tangkap dan ikan keumamah.

Penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi memakan waktu sekitar delapan jam. Dalam penerbangan, jemaah akan mendapatkan makanan berat dan makanan ringan.

Para jemaah ini berangkat ke Tanah Suci dengan pesawat Garuda Indonesia. Mereka terbagi dalam 12 kloter. Untuk kloter pertama, 393 jemaah berangkat pada Sabtu besok sekitar pukul 13.30 WIB.

“Jadi selama penerbangan, jemaah mendapatkan makananan berat dua kali, dan snack sekali. Makanan berat berbentuk nasi atau lontong itu dua kali dan snack berbentuk roti,” kata Sales and Service Manager Garuda Indonesia Aceh, Widya Kurniawan Putra kepada wartawan, Jumat (19/7).

Menurut Widya, makanan yang disajikan dalam penerbangan ke Tanah Suci semuanya bercita rasa Aceh. Pihak Garuda Indonesia bekerjasama dengan vendor lokal untuk menyiapkan menu kepada tamu Allah.

Makanan yang disajikan pun khas Tanah Rencong seperti ayam tangkap dan keumamah (ikan kayu). Kedua menu itu dipilih karena sesuai dengan lidah masyarakat Aceh.

“Kita pilih cita rasa Aceh supaya jemaah haji bisa lebih nyaman merasakan konsumsi dengan cita rasa Aceh sendiri. Jadi bukan dengan makanan barat atau seperti apa,” jelasnya.

Selain itu, untuk bumbu masakan juga berasal dari Aceh. “Jadi kita tidak ambil dari luar, bumbunya, kuahnya cita rasa Aceh,” bebernya.

Seperti diketahui, 393 jemaah calon haji (Calhaj) kloter 1 embarkasi Aceh mulai masuk asrama haji siang tadi. Rombongan datang menggunakan sejumlah bus dari empat daerah yaitu Kota Sabang (38 jemah), Pidie (59 jemaah), Pidie Jaya (188 jemaah) dan Aceh Utara (100 jemaah).

Sebelum berangkat ke Arab Saudi, jemaah akan dilakukan pemeriksaan kembali mulai dari kesehatan, serta barang bawaan. Selain itu, jemaah juga akan mendapatkan dokumen dan pembagian living cost serta kartu baitul asyi.

“Jemaah ini akan berangkat ke Tanah Suci pada Sabtu besok dengan pesawat Garuda Indonesia. Mereka nanti akan menempati pemondokan di wilayah Sysyah, Mekkah,” kata Ketua PPIH Embarkasi Aceh Daud Pakeh dalam konferensi pers di Asrama Haji. Detik