Penyandang Disabilitas Dilatih Produk Daur Ulang Sampah

0
298

Children and Youth Disabilities for Change (CYDC) mengadakan pelatihan pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas di Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh, dengan mengusung tema pemanfaatan daur ulang limbah plastik, kertas, dan kain bekas menjadi ketrampilan.

Pelatihan tersebut diadakan selama dua hari mulai dari Rabu (26/6/2019) sampai dengan Kamis (27/6/2019).

Walikota Banda Aceh yang diwakilkan, Rizha dalam sambutannya mengatakan bahwa permasalahan pengelolaan sampah menjadi konsentrasi serius pemerintah Kota Banda Aceh untuk mengolah sampah menjadi satu benda yang bernilai ekonomis.

“Pemerintah pun mengharapkan kontribusi berbagai pihak secara aktif dan kreatif melakukan pemanfaatan pengelolaan sampah menjadi sebuah produk bisnis, ungkap Riza.

Dalam pelatihan itu melibatkan 60 peserta dari beragam penyandang disabilitas, yang berasal dari Kota Banda Aceh, dan Aceh Besar.

Menejer Program CYDC Erlina Marlinda, mengatakan program pelatihan daur ulang sampah sifatnya akan berkelanjutan, dan terus akan dilakukan pemunguatan keahlian penyandang disabilitas untuk bisa menghasilkan produk yang bernilai ekonomis sebagai usaha bisnis para penyandang disabilitas.

Sebagian orang beranggapan penyandang disabilitas dianggap sebagai beban ekonomi dalam lingkungan keluarga maupun masyaraka, dan kegiatan ini adalah usaha mewujudkan kemandirian, terang Erlina Marlinda.

Sementara itu, Direktur CYDC, Fajrillah berharap pemerintah mendukung agar adanya ruang bagi penyandang disabilitas untuk mempromosikan dan menjual mempromosikan dan menjual produk-produk yang di hasilkan oleh para penyandang disabilitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.