Dai Perbatasan Bagikan Zakat dan Perlengkapan Shalat Untuk Masyarakat Pulau Banyak

Ketua Tim Safari Dakwah FDP, Ustad Abdurrahim membagikan zakat dan perlengkapan shalat kepada masyarakat di gampong Suka Makmur Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil.

Tim Safari Dakwah dari Pengurus Pusat Forum Dakwah Perbatasan (FDP) mengunjungi Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, mulai 21-26 Mei 2019.

Dalam kunjungan tersebut para dai FDP ini membagikan zakat dan perlengkapan shalat kepada masyarakat di Gampong Suka Makmur Kecamatan Pulau Banyak Barat. Adapun perlengkapan shalat yang dibagikan diantaranya berupa kain sarung, mukena dan peci.

Selain itu juga dibagikan peralatan belajar untuk anak-anak TPA. Dan tak lupa pula berbuka puasa bersama masyarakat di Masjid.

Sebelumnya FDP juga sudah mengirimkan 3 dai Kafilah Ramadhan di daerah tersebut dengan wilayah kerjanya mencakup semua gampong yang ada di situ.

Ketua Tim Safari Dakwah FDP, Ustad Abdurrahim, Minggu (26/05/2019) berterima kasih kepada masyarakat dan dai atas sambutannya. Ia berharap silaturrahmi yang sudah terjalin ini dapat terjaga selamanya.

“Alhamdulillah Tim Safari Dakwah FDP mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Tentunya kita berharap hubungan ini akan terus terjalin hingga sepanjang masa,” kata Ustaz Abdurrahim.

Ia juga berpesan kepada dai yang ditempatkan di daerah tersebut untuk senantiasa bersilaturrahmi ke rumah-rumah masyarakat, mengajari anak-anak yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi secara maksimal dan memperkenalkan kepada masyarakat tentang tatacara ibadah yg sesuai dengan ajaran Rasulullah berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah.

“Selain itu juga diperlukan pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk mempermudah penyampaian dakwah ke masyarakat umum. Dan menjaga netralitas terhadap masyarakat agar tidak terjadi kecemburuan sosial,” jelas Ustaz Abdurrahim.

Ia menambahkan para dai akan mendata tingkatan ekonomi dan potensi ekonomi yang bisa dikembangkan oleh masyarakat serta tingkat pemahaman keagamaan masyarakat secara detail. Pemetaan ini bertujuan untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Sementara itu Ketua Forum Dakwah Perbatasan (FDP) Nurkhalis memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan tersebut. Dengan harapan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

Ia menambahkan pada akhir Juni FDP juga akan mengadakan Safari Dakwah Perbatasan yang ke 8 di Subulussalam, Aceh Singkil dan Aceh Tenggara. Dengan beberapa program diantaranya pembinaan muallaf, pemeberdayaan ekonomi ummat, bakti sosial dan renovasi mesjid perbatasan.

“Untuk Aceh Singkil juga akan dilaksanakan di Pulau Banyak. Dan ini merupakan usaha kita bersama dalam rangka menjaga dan memberikan dakwah kepada masyarakat untuk senantiasa bersyukur dan menjalankan segala perintahNya,” pungkas Nurkhalis.