Rumah Zakat Salurkan Beasiswa 1.758 Anak Yatim dan Dhuafa

Rumah zakat cabang Aceh menyelenggarakan kegiatan Ramadhan berkah bersama 1000 yatim dan dhuafa, di masjid Keuchik Leumik Banda Aceh, Minggu ( 12/05). Kegiatan secara resmi dibuka oleh wakil walikota Banda Aceh Zainal Arifin.

Branch Manager rumah zakat Aceh, Riadhi menyebutkan, rangkaian kegiatan itu masing-masing, penyerahan simbolis beasiswa untuk 1.758 anak Yatim dan Dhuafa, kegiatan Khatam Alquran 30 Juz serta penyerahan secara simbolis penyaluran program Ramadhan (Kado Lebaran Yatim, Syiar Quran, Bingkisan Lebaran Keluarga, Berbagi Buka Puasa).

Kata Riadhi, seluruhnya ada 1758 anak yatim dari seluruh Aceh yang dibina Rumah Zakat. 1758 anak yatim ini setiap bulannya diberikan beasiswa. Mereka tersebar di lima Kabupaten/Kota, yakni Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Bireun.

“Jadi beasiswa ini langsung masuk ke rekening masing-masing si penerima. Alhamdulillah kita juga di dukung oleh berbagai donor. Kita harapkan melalui pogram ini memotivasi anak-anak kita untuk mengkhatamkan Alquran, tidak hanya di bulan Ramadhan, tapi juga diluar bulan Ramadhan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak-pihak yang peduli dengan anak yatim dan fakir miskin, seperti yang dilakukan oleh rumah zakat. Bantuan tersebut kata Zainal sangat membahagianakan anak yatim dan dhuafa di kota Banda Aceh.

“Begitu juga dnegan beasiswa yang diberikan Rumah Zakat Aceh. Ini sangat penting dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Karena orang pintar bukan hanya kalangan menengah keatas, tapi ini soal kesempatan, sehingga apa yang dilakukan rumah zakat ini sangat membantu,” ujarnya.

Pemko Banda Aceh kata Zainal juga sedang mempersiapkan Baitul yatama khusus bagi anak Banda Aceh, dan diutamakan bagi anak-anak yang bersedia menghafal Al-Qur’an.

“Kita harapkan Rumah zakat tidak bosan-bosannya mengumpulkan dana dari donator. Kita doakan kepada donatur-donatur anak yatim ini dimudahkan rezeki nya oleh Allah SWT, dan anak-anak ini kita harapkan agar bersyukur dengan apa yang telah diberikan,” lanjut Zainal.